Tips Menghemat Kuota Internet Selama Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia menyebabkan perubahan gaya hidup bagi mayoritas masyarakat. Selain membuat semua orang lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan, pandemi juga membuat sebagian besar aktivitas dilakukan dari jarak jauh. Rutinitas bekerja dari rumah (Work From Home atau WFH) dan sekolah online tentu akrab denganmu sejak Maret 2020 dengan Cara mengecek kuota Telkomsel.

WFH dan sekolah online memang membuat konsumsi kuota internet meningkat selama masa pandemi. Banyak provider yang menyediakan paket kuota internet murah untuk memfasilitas berbagai aktivitas mobile. Kendati demikian, kamu tetap harus melakukan beberapa tips ini untuk menghemat kuota internet agar tak lekas habis di koinx.id:

Memanfaatkan Fasilitas Wifi di Tempat Umum

Hal pertama yang patut kamu lakukan untuk menghemat kuota internet adalah memanfaatkan fasilitas wifi di tempat umum. Saat kamu berada di pusat perbelanjaan, kafe, atau tempat umum lainnya, kamu bisa menonaktifkan paket data dan menggunakan fitur wifi di smartphone. Gunakan akses wifi untuk mengunduh dokumen pekerjaan, materi pelajaran, mengirim email, mengunggah dokumen berukuran besar, dan hal-hal penting lainnya. Cara ini tak hanya menghemat kuota internet tetapi juga membuat waktu akses internet berlangsung singkat karena kecepatan wifi lebih tinggi daripada paket data.

Mengaktifkan Fitur Penghemat Data pada Web Browser

Tak banyak yang menyadari kalau web browser versi desktop memiliki fitur pendukung berupa penghemat data. Saat kamu melakukan aktivitas browsing di desktop, kuota data internet lebih cepat terkuras habis. Itulah sebabnya kamu harus mengaktifkan fitur penghemat data untuk meminimalkan penggunaan kuota sebanyak 70% hingga 80%. Bukalah opsi setting pada browser lalu pilih fitur data saving agar kuota internetmu jadi lebih hemat.

Menurunkan Resolusi Layar saat Melakukan Streaming atau Meeting Online

Aktivitas streaming film atau meeting online ternyata juga menyita kuota internet bila kamu melakukannya dengan layar beresolusi Full High Definition (Full HD). Kalau ingin menghemat kuota internet, kamu harus menurunkan resolusi layar ketika melakukan dua aktivitas mobile tersebut. Meskipun kualitas gambar pada layar jadi sedikit menurun, cara ini sangat efektif menghemat kuota internet, terutama jika kamu melakukan streaming atau meeting online setiap hari.

Membatasi Penggunaan Kuota Internet di Smartphone Android

Mayoritas HP Android kini dilengkapi fitur Data Usage Warning dan Limit System untuk membatasi penggunaan kuota internet. Kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut agar penggunaan kuota internet di HP jadi lebih terkontrol. Untuk mengaktifkannya, kamu tinggal masuk ke menu Setting, pilih Data Usage, Celular Data, lalu Set Celular Data Limit. Ketika penggunaan kuota internet sudah melebihi batas yang kamu tetapkan, maka HP Android akan memunculkan notifikasi sehingga kamu bisa menghentikan penggunaan internet atau melanjutkannya setelah beli pulsa online untuk mengisi paket data.

Membatasi Penggunaan Data pada Background

Aplikasi yang beroperasi pada background smartphone rupanya juga bisa menguras kuota internet bila diaktifkan terus-menerus. Untuk menyiasati hal ini, kamu dapat menghentikan penggunaan data pada background (restrict background data). Caranya, masuklah ke menu Setting lalu pilih Data Usage, klik tiga garis vertikal di kanan atas layar, pilih Restrict Background Data, lalu klik OK. Konsekuensinya, notifikasi dari aplikasi smartphone-mu akan terlambat muncul karena penggunaan datanya dibatasi. Sebaiknya kamu mencoba tips ini di luar jam kerja, usai jam sekolah, atau saat kamu sedang senggang sehingga kamu tidak melewatkan notifikasi yang penting.

Menghentikan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis memang penting untuk mendukung kelengkapan data smartphone, misalnya kontak di WhatsApp selalu diperbarui saat kamu memasukkan kontak telepon baru jika kamu mengaktifkan sinkronisasi otomatis. Sayangnya, sinkronisasi otomatis juga tergolong boros kuota internet. Alangkah lebih baik