Ayat-Ayat Al-Quran tentang Cinta yang Bisa Menenangkan Hati Kamu

Surah Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam al-Qur’an. Surah ini tergolong surat makkiyah, terdiri atas 78 ayat. Dinamakan Ar-Rahmaan yang berarti Yang Maha Pemurah berasal dari kata Ar-Rahman yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Ar-Rahman adalah salah satu dari nama-nama Allah. Surat Ar-rahman dan artinya merupakan bagian dari firman Allah SWT yang memiliki banyak kesitimewaan. Sama halnya seperti ayat-ayat dalam Al Quran yang lain, surat Ar Rahman juga menyimpan kisah tauladan yang bisa kita jadikan pegangan tuntunan dalam menjalani kehidupan. Surat Ar-Rahman ini memiliki banyak keutamaan. Salah satu yang menjadi keutamaan surat ar-rahman adalah dapat menjadi mahar seseorang untuk menikahi seorang perempuan yang ia cintai.

menurut beberapa informasi, mahar merupakan salah satu syarat sahnya sebuah pernikahan dalam hokum islam. Secara umum, mahar sendiri sering diidentikan dengan sebutan mas kawin, yakni sejumlah harta yang diberikan oleh calaon pengantin pria kepada mempelai wanita sebagai bukti ketulusan dan keseriusan dalam membina hubungan pernikahan. Mahar perkawinan tersebut juga sebenarnya tidak harus selalu dalam bentuk materi atau harta benda, sebab dalam hukum Islam terdapat kalimat yang mengungkapkan bahwa sebaik-baiknya mahar adalah yang tidak memberatkan. Oleh karena itu, banyak umat muslim yang turut ikut memberi mahar berupa hapalan surat Ar Rahman.

 

Pemilihan mahar dengan menggunakan surat Ar Rahman dan artinya tersebut bukalah tanda bahwa si calon mempelai pria tidak memiliki harta, tapi dengan memberi mahar berupa ayat suci Al Quran, pernikahan tersebut diharapkan bisa dilangsungkan secara lebih hikmat dan sakral. Mahar berupa bacaan surat Ar Rahman dan artinya tersebut juga sebenarnya lebih banyak dilakukan oleh para Hafidz, sebutan bagi para penghapal Al Quran. Salah satu Keutamaan surat ar-rahman yang dapat dijadikan mahar ini didasari juga dengan hadist riwayat Bukhari. Yang berisi.

“Maka apabila kіta tіdak memіlіkі mahar berupa baju, cіncіn maupun laіn sebagaіnya, maka dapat dіlakukan dengan cara menghafal salah satu surat dalam Al Qur’an yaіtu surat ar rahman.” (HR. Bukharі)

Namun, orang biasa sekalipun juga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan hal yang sama. Selain surat Ar Rahman dan artinya, adapula surat Al Quran lain yang kerap dijadikan mahar perkawinan seperti surat Al Fatihah dan ayat kursi. Bahkan tidak jarang aja juga yang memberikan mahar berupa hapalan surat 30 juz penuh. Selain menjadikan mahar seseorang, surat ar-rahman ini juga memiliki keutamaan yang lainnya seperti.

Memperoleh syafaat pada hari kiamat bagi siapa saja yang membacanya, terutama pada waktu sepertiga malam. Bahkan pada hari kiamat kelak, Allah SWT akan memperlihatkan diri padamu dengan wujud yang paling indah dan sempurna. Kemudian adal lagi keutamaan surat Ar-Rahman yang juga perlu kamu tahu yaitu membuatmu selalu mengingat Allah SWT. Selalu mengingat Allah menjadi bagian yang sangat penting dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu menyempatkan diri membaca surta Ar-Rahman.

Dan yang terkakhir Keutamaan bagi siapa saja yang membaca surat Ar-Rahman yaitu akan selalu mengingat kepada Allah Swt. Segala pujian kepada Allah akan terucap ketika seorang muslim membaca surat Ar-Rahman. Dengan membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang, akan mengingatkan seorang hamba kepada kuasa Allah SWT yang sangat besar. Mengingat Allah SWT di waktu siang atau malam hari, dapat membuat seorang hamba merasa tenang dan tentram. Tentu saja manfaat ini bisa didapatkan dengan cara membaca dan memahami makna di dalamnya.

 

By sartika