Sawdust Charcoal Briquette Untuk Pasar Export

Wood lump charcoal dan sawdust charcoal briquette adalah dua type produk arang berasal dari kayu. Wood lump charcoal berasal berasal dari potongan-potongan kayu, tetapi sawdust charcoal briquette berasal berasal dari serbuk gergaji yang dibriketkan.

Sawdust charcoal briquette lebih diminati oleh pasar export dibanding lump charcoal gara-gara sejumlah keunggulannya, yakni lebih padat yakni dua kali kepadatan kayu agar selagi nyala atau pembakarannya lebih lama dan terhitung menghemat cost transportasi, ukuran dan wujud seragam agar lebih gampang didalam pemanfaatan dan pengemasannya. Sawdust charcoal briquette biasanya berupa faktor enam (hexagonal) dan faktor delapan (octagonal) bersama lubang ditengahnya untuk memudahkan pembakaran.

Sedangkan lump charcoal miliki wujud tidak beraturan layaknya bahan bakunya. Negara-negara Timur Tengah dan terlebih Arab Saudi adalah negara-negara yang manfaatkan sawdust charcoal briquette tersebut didalam jumlah besar yakni terlebih untuk memanggang domba-domba sebagai masakan favorite disana. Dan Turki adalah negara di Eropa yang terhitung manfaatkan sawdust charcoal briquette didalam jumlah besar untuk memanggang beragam masakan daging mereka.

Pada perkembangannya kebutuhan pasar makin besar akan produk sawdust charcoal briquette agar diperlukan pasokan berasal dari produsen yang terhitung makin besar. Bahan baku berasal dari serbuk gergaji terhitung makin terbatas agar diperlukan bahan baku berasal dari aneka macam limbah kayu-kayuan lainnya.

Limbah kayu-kayuan berasal dari sektor kehutanan atau beragam industri pengolahan kayu yang sepanjang ini banyak yang belum dimanfaatkan bisa digunakan untuk bahan baku untuk mengolah sawdust charcoal briquette tersebut. Ukuran limbah kayu-kayuan yang berukuran besar terhitung wajib dikecilkan (size reduction) menjadi seukuran serbuk gergaji untuk bisa diproses menjadi sawdust charcoal briquette.

Kebutuhan lump charcoal tidak sebanyak sawdust charcoal briquette dan terhadap biasanya cuma kayu berasal dari type khusus saja yang diminati. Kayu type khusus tersebut terhitung terhadap biasanya sukar didapat. Penggunaan lump charcoal terhitung hampir serupa bersama sawdust charcoal briquette.

Untuk merawat keberlanjutannya terhadap jangka panjang penyediaan bahan baku biomasa kayu baik untuk mengolah sawdust charcoal briquette maupun lump charcoal wajib diupayakan melalui penanaman pohon penghasil kayu untuk bahan baku lump charcoal maupun sawdust charcoal briquette.