Ragam Cara dan Perawatan untuk Mencerahkan Kulit yang Kusam

Penyebab Ambeien dan ObatnyaKulit kusam masih menjadi salah satu masalah kulit yang paling sulit diatasi. Selain karena faktor penyebab yang beragam, tiap-tiap cara mencerahkan atau memutihkan kulit yang kusam belum tentu cocok untuk semua orang.

Lantas, seperti apa metode-metode tersebut dan bagaimana cara memilih yang cocok untuk Anda dari www.nivea.co.id?

Cara mencerahkan kulit lewat kebiasaan sehari-hari

Gaya hidup, kebiasaan sehari-hari, hingga pola makan dapat memengaruhi kesehatan kulit. Berikut sejumlah perawatan untuk kulit serta kebiasaannya yang bisa membantu mencerahkan kulit Anda.

1. Banyak makan buah tinggi vitamin C

Vitamin C bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit kencang dan bercahaya. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan produk skin care mengandung vitamin C selama 12 minggu dapat menunda gejala penuaan dini.

Vitamin ini terbukti mengurangi keriput, mencegah kerusakan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen yang merupakan penyokong jaringan kulit. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi jeruk, pepaya, mangga, dan jambu biji.

2. Melindungi kulit dari sinar matahari

Jika Anda mendambakan kulit yang sehat dan bercahaya, jangan biarkan kulit Anda terlalu lama terkena sinar matahari. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat menyebabkan kulit kusam dan membuat rona warna kulit menjadi tidak merata.

Oleh karena itu, selalu lindungi kulit Anda dengan mengoleskan tabir surya atau sunscreen mengandung SPF 30 setiap kali akan keluar rumah. Gunakan terutama pada bagian wajah dan lengan yang lebih sering terpapar sinar matahari.

3. Tidur yang cukup

Bila Anda tidur dengan cukup, tubuh memiliki kesempatan untuk membentuk kembali kolagen. Tidur yang cukup juga melancarkan aliran darah di bawah kulit sehingga kulit mendapatkan nutrisi. Jadi, pastikan Anda tidur setidaknya 7 jam setiap hari.

4. Berolahraga secara rutin

Olahraga meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk jaringan kulit. Kulit yang menerima cukup asupan oksigen dan nutrisi akan tampak lebih sehat, lembap, dan cerah bersinar.

Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut cukup dengan melakukan olahraga ringan. Olahraga terbaik untuk kulit antara lain jogging, berjalan, berenang, dan bersepeda. Lakukan rutin setidaknya tiga hari dalam seminggu untuk mendapatkan hasilnya.

5. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Cara mudah lainnya untuk mencerahkan kulit adalah memenuhi kebutuhan cairan. Air memelihara kelembapan kulit dan menjaga jaringan kolagen. Kedua hal ini berperan penting dalam membuat kulit tampak lembut, padat, dan bercahaya.

Sumber cairan terbaik untuk kulit adalah air, sayuran, dan buah-buahan. Hindari cairan dalam bentuk minuman beralkohol karena alkohol memiliki sifat menarik air. Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat kulit menjadi kering, kasar, dan kusam.