Proses Panen Yang Tepat

 

Panen biasanya 6-7 bulan setelah proses pembibitan, jika sudah saatnya panen sobat perlu memperhatikan proses panen yang tepat dan benar supaya menghindari kematian dan cacat akibat panen. Jangan sampe ikan sobat luka-luka cuma karena pemanenan pake jala apung sembarang biar cepet dan praktis.

Sebaiknya penangkapan ikan dimulai hilir lalu ke hulu. Jadi bila ikan didorong dengan kere maka akan terpojok pada bagian hulu. Keuntungan pemananenan ini adalah ikan tetap mendapatkan air yang segar sehingga kematian ikan dapat dihindari.

Penanganan pascapanen menurut https://agrarindo.com/ ikan patin dibagi menjadi dua yakni ikan hidup maupun ikan segar. Biasanya ikan hidup lebih mahal harganya bila dijual, supaya ikan tersebut bisa tetap hidup sampai ketangan konsumen hal yang perlu dilakukan adalah pengangkutan dengan air suhu rendah, biasanya pada pagi atau sore hari dan ikan dalam satu wadah jangan terlalu padat ya biar banyak oksigen.

Sedangkan ikan patin segar justru lebih sulit penanganannya karena lebih mudah rusak kandungan gizinya dimana harus dilakukan hati-hati agar tidak luka, harus dicuci bersih sebelum dikemas, wadah harus bersih dan tertutup dan disimpan pada suhu lebih dingin bahkan beku, biasanya dengan es batu.

6. Pemasaran

 

Potensi pemasaran budidaya ikan patin ini sangat besar lho guys! Permintaan yang cukup banyak baik lokal maupun internasional. Pasar ekspor masih terbuka luas misalnya konsumen di beberapa negara Eropa, Amerika

Serikat dan beberapa negara di Asia saat ini telah mengimpor ikan patin dalam bentuk fillet dari Vietnam, namun permintaan ini masih belum terpenuhi sepenuhnya.

Pemasaran produk oleh pembudidaya dilakukan secara langsung kepada pedagang pengumpul/agen tanpa melalui pedagang perantara, menjual kepabrik olahan ikan patin tentu lebih mudah diserap. Promosi dilakukan memperkenalkan ikan patin dan kandungan gizinya agar pengetahuan akan ikan ini semakin luas. Sobat juga bisa menjual via sosial media, aplikasi belanja sayur dan lauk segar online.

Selain itu masih terbukanya pemasaran olahan ikan patin ini menjadi peluang bagi sobat semua, mengolahnya dan menjualnya dalam bentuk seperti sosis, bakso, nugget tentu keuntungannya akan lebih menggiurkan kan sob!