Untuk dipersiapkan dengan baik untuk tes mengemudi sepeda motor, ada baiknya memahami apa yang dapat Anda harapkan pada hari pengujian. Pengujian sepeda motor adalah proses dua langkah. Tes ini terdiri dari satu tes yang mencakup serangkaian pertanyaan pilihan ganda dan tes kedua yang melibatkan persepsi bahaya. Kedua bagian ujian ini harus diselesaikan dengan sukses atau pelamar akan diminta untuk mengikuti seluruh ujian lagi.

Bagian Pertama – Tes Pilihan Ganda

Tes pilihan ganda berisi 50 pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan ini akan menguji pengetahuan Anda tentang teori mengemudi. Untuk lulus bagian pilihan ganda, Anda harus menjawab setidaknya 43 dengan benar. Batas waktu untuk mengikuti tes adalah 57 menit.

Bagian Kedua – Uji Persepsi Bahaya

Bagian Persepsi Bahaya akan menentukan kemampuan Anda untuk menilai potensi bahaya dan kondisi berbahaya saat mengemudi. Tes ini mencakup menonton 15 klip video individu. Setiap klip akan berisi potensi bahaya yang perlu Anda identifikasi. Satu klip mengandung 2 bahaya. Skor total untuk Uji Bahaya adalah 75. Setiap klip video bernilai 5 nilai. Anda harus memiliki setidaknya 44 nilai untuk lulus ujian.

Bersiaplah Untuk Menguji Dengan Memiliki Semua Dokumentasi Yang Diperlukan

Ini adalah dokumen yang perlu Anda bawa sebelum Anda dapat mengikuti tes mengemudi secara tertulis, visual dan fisik. Pastikan untuk membawa DL 196 yang valid, sertifikat tes teori yang valid, sertifikat kelulusan Modul 1, dan lisensi siswa Anda. Setelah Anda berhasil menyelesaikan pengujian pendahuluan, Anda dapat mendaftar untuk mengikuti bagian mengemudi. Setelah Anda menerima janji tanggal pengujian, Anda harus berhasil menunjukkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pengemudi sepeda motor berlisensi penuh. Berikut adalah gambaran tentang apa yang diharapkan selama tes mengemudi.

Bagian Ketiga – Tes Mengemudi Sepeda Motor

Penggerak sepeda motor terdiri dari dua bagian terpisah. Di modul pertama Anda harus berhasil menyelesaikan:

1. Minimal 2 manuver pengereman yang akan mencakup penggunaan rem darurat Anda.

2. Minimal 2 manuver kecepatan tinggi (kira-kira 19 mph) dan satu latihan rintangan.

3. Minimal 2 manuver kecepatan lambat termasuk manuver slalom.

Modul kedua terdiri dari tes mata, pertanyaan keselamatan di jalan raya, dan perjalanan darat selama 30 menit. Instruktur penguji akan memilih apakah Anda menguji dari sisi kanan atau kiri kursus.

Dengan berlatih terus menerus dan mempelajari aturan dan konsep penanganan sepeda motor yang aman, Anda dapat dengan aman dan bangga menjadi operator sepeda motor yang memiliki lisensi penuh.

 

Sumber: Kursus Stir Mobil Pekanbaru