Pengertian Paragraf Deduktif dan Induktif | Deduktif dan Induktif adalah dua jenis kalimat utama dan bertujuan untuk menemukan kalimat utama, sedangkan untuk memahami paragraf deduktif dan induktif, pertama kita akan membahas pengertian paragraf deduktif dan induktif kemudian kita akan membahas Pengertian dan Pengertian Paragraf Induktif.

Contoh Paragraf Dengan memahami perbedaan paragraf deduktif dan paragraf induktif, akan lebih mudah bagi kita untuk memahami paragraf deduktif dan induktif dengan lebih jelas.

Baca Juga : Jurnal Sinta 2

Untuk mengetahui pengertian paragraf deduktif dan induktif beserta contohnya, mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

  1. Pengertian Paragraf Deduktif

Definisi deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Jadi kedua contoh paragraf di atas adalah paragraf deduktif karena klausa utama berada di awal paragraf. Berikut adalah contoh lain.

Temukan contoh paragraf deduktif

Adapun contoh menemukan paragraf deduktif, penulis memberikan dua contoh untuk referensi Anda:

  1. Peningkatan kesejahteraan keluarga erat kaitannya dengan banyaknya anggota keluarga yang harus menghidupi keluarga. Keluarga dengan banyak anak, di mana hanya ayah yang sah sebagai pencari nafkah, tentu akan menimbulkan kesulitan keuangan. Itu bisa disarangkan sehingga dalam keluarga seperti itu, ibu juga bekerja, atau anak bekerja dan belajar. Bagian dari kesimpulannya adalah bahwa peningkatan kesejahteraan keluarga erat kaitannya dengan banyaknya anggota keluarga di luar rumah yang harus ditanggung oleh pencari nafkah.
  2. Menumbuhkan kecintaan membaca memang tidak mudah. Ada banyak tantangan di balik kebiasaan gemar membaca. Misalnya, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya buku. Buku masih dianggap sebagai kebutuhan nomor satu. Fakta ini menunjukkan bahwa orang jarang meninggalkan uang untuk buku ketika kebutuhan dasar terpenuhi. Mengambil buku sebagai syarat utama sangat sulit. Namun, banyak orang tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk mendengarkan kaset atau menonton film. Paragraf deduktif bukanlah tugas yang mudah untuk mengembangkan hobi membaca.
  3. Pengertian Paragraf Induktif

Paragraf induktif didefinisikan sebagai paragraf yang klausa utamanya berada di akhir paragraf. Kalimat tersebut biasanya merupakan kesimpulan yang ditarik dari ide-ide penjelas yang dijelaskan sebelumnya.

 Temukan contoh paragraf induktif

Juga untuk contoh menemukan paragraf induktif, penulis memberikan dua contoh untuk setiap pembaca untuk dipertimbangkan ketika mencari paragraf induktif dalam bagian yang mereka baca. Contoh paragraf induktif adalah:

  1. Tumbuhan membutuhkan air untuk bertahan hidup, begitu juga manusia. Air digunakan untuk minum, mandi dan memasak. Tumbuhan membutuhkan air untuk tumbuh dan berkembang biak. Seperti yang bisa Anda bayangkan, jika tanaman dan manusia kekurangan air, perkembangan hidupnya tidak akan sempurna. Oleh karena itu, pentingnya air bagi manusia dan tumbuhan sangatlah jelas. Dengan demikian, paragraf induktif memperjelas pentingnya air bagi manusia dan tumbuhan.
  2. Di kota, di pinggiran kota, dan di desa, siswa yang rajin belajar masih bisa ditemukan di mana-mana. Banyak sekali siswa yang berprestasi dan terlihat dimana-mana, serta tidak sedikit orang yang memperhatikan dan peduli terhadap lingkungan. Jelas, masa depan generasi berikutnya masih bisa diharapkan. Paragraf induktif tersebut jelas bahwa masa depan generasi penerus masih dapat diharapkan.

 

Sekian artikel tentang pengertian paragraf deduktif dan induktif semoga bermanfaat