Pelajaran Berharga di Bulan Ramadhan

Pelajaran Berharga di Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan telah berlalu, saatnya kita menyambut bulan suci Ramadhan dengan warna dan kecerian yang lebih baik dari bulan sebelumnya. Setelah melalui perjalanan panjangnya, bulan Ramadhan tentu tidak akan pergi tanpa memberikan pelajaran berharga.

Berikut ini telah kami rangkumkan pelajaran berharga di bulan Ramadhan yang mungkin belum Anda sadari, yaitu :

Belajar Disiplin

Pelajaran Berharga di Bulan Ramadhan

Disiplin merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan bahkan sudah kita pelajari sejak usia dini. Tentu saja dengan menjadi seorang yang disiplin maka Anda akan merasakan kehidupan yang tertata dan teratur.

Meski demikian, kedisiplinan merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan secara mandiri. Oleh karena itu, keberadaan bulan ramadhan dengan segala aturan yang harus kita patuhi ternyata mampu memberikan dampak positif untuk membentuk kedisiplinan.

Berbagai macam aturan secara tidak langsung membentuk pribadi Anda menjadi lebih tertata dan tertib untuk kedepan nya. Terlebih lagi antusiasme masyarakat dalam menyambut bulan Ramadhan sangat menggebu-gebu. Pelajaran Berharga di Bulan Ramadhan

Lebih Bersyukur

Syukur merupakan satu kalimat yang mudah untuk dikatakan namun sangat berat untuk dikerjakan. Terlebih lagi sebagai manusia kita selalu memiliki keinginan, rasa cukup atau qana’ah dan rasa syukur menjadi tantangan yang harus kita lakukan.

Oleh karena itu, pada momen puasa Ramadhan ini rasa syukur dari setiap individu akan mudah untuk dilatih. Seperti yang telah kita ketahui bersama, kita masih beruntung hanya menahan haus dan lapar dari waktu menjelang pagi hingga maghrib.

Sedangkan jika kita melihat orang-orang yang di luar sana masih banyak yang merasa kesulitan untuk mendapatkan sesuap nasi dan harus bekerja lebih keras. Dari hal ini lah, rasa syukur kita akan mulai terlatih sehingga kita mampu merasakan betapa berharganya sesuap nasi.

Saling Mengasihi

Pelajaran berharga di bulan Ramadhan yang bisa terlihat dengan jelas yaitu adanya rasa saling mengasihi.

Hal ini dapat kita lihat dengan berbagai kegiatan sosial yang ada. Baik itu berbagi takjil untuk para musafir, membagikan sahur untuk orang yang kurang mampu, memberikan santunan untuk kaum dhuafa dan anak yatim, dan masih banyak lagi.

Nah, dari hal inilah kita mampu mengambil pelajaran yang sangat berharga bahwa sebagai makhluk sosial kita saling membutuhkan satu sama lain.

Jika Anda sedang membutuhkan khutbah idul fitri 2022 pdf silahkan unduh file tersebut.

Menghargai antar sesama

Dalam menyambut bulan Ramadhan antusiasme masyarakat memang sangat tinggi. Banyak perbedaan tradisi untuk menyambut bulan Ramadhan dari antar wilayah. Mulai dari perbedaan cara untuk menentukan kapan waktu puasa dan lain sebagainya.

Namun, rangkaian kegiatan dalam bulan Ramadhan ini memberikan kita Pelajaran Berharga di Bulan Ramadhan dimana kita harus berlatih menjadi orang yang saling menghargai antar sesama. Bukan sebaliknya dengan memperdebatkan namun untuk mempererat tali persatuan.

Mengendalikan diri dari perilaku kurang baik

Selain menahan lapar dan haus, dalam bulan menjalankan puasa ramadhan kita juga harus mampu mengendalikan hawa nafsu. Dengan menahan hawa nafsu ini, kita juga telah berlatih untuk menahan rasa sabar dan tidak mudah emosi.

Selain itu, dengan berpuasa juga mampu menjauhkan kita dari perilaku yang kurang baik. Secara tidak langsung, kebiasaan ini akan membuat Anda menjadi orang yang lebih mampu mengendalikan diri meski pun ramadhan telah usai.

Nah, itulah beberapa Pelajaran Berharga di Bulan Ramadhan yang bisa Anda ambil hikmahnya. Semoga puasa Ramadhan yang telah kita lalui selama 30 hari tersebut memberikan banyak keberkahan untuk kita semua. Amiin

By skyweb