Manfaat Tanaman Sosor Bebek – Sosor bebek atau cocor bebek (Kalanchoe pinnata) merupakan tanaman hias yang berasal dari Genus Kalanchoe. Tanaman satu ini terkenal karena metode reproduksinya melalui tunas daun.

Sosor bebek salah satu dari jenis tanaman yang mampu menyimpan cadangan nutrisi pada bagian akarnya, disamping itu tanaman satu ini juga bandel alias dapat tumbuh pada daerah kering serta pertumbuhanya terbilang cepat.

Di Indonesia sosor bebek sering ditanam sebagai tanaman hias dalam pot, namun tahu kah kamu bahwa tanaman satu ini juga mempunyai khasiat dalam mengobati.

Penasaran dengan khasiat dari sosor bebek? Simak berikut ini diantaranya :

1. Menyembuhkan Luka.

Sosor bebek alias cocor bebek dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis luka, seperti luka lecet, luka berdarah, luka bakar serta luka bopeng.

Kemampuan sosor bebek dalam mengobati luka yaitu mampu mencegah infeksi kuman serta mempercepat luka kering. Cara menggunkanya cukup tumbuk halus daun sosor, kemudian gunakan air dan oleskan pada kulit yang terluka.

2. Menyembuhkan Jerawat dan Bisul.

Kamu mempunyai masalah jerawat dan bisul? Tenang jika di tempat kamu ada banyak tanaman sosor bebek, cukup gunakan daunya untuk meredakan bisul dan jerawat.

Diketahui daun cocor bebek memiliki sifat antibakter dan antiradang yang memungkinkan untuk membubuh bakteri penyebab jerawat dan bisul serta sekaligus mempercepat penyembuhanya.

3. Mengatasi Sakit Gigi.

Manfaat cocor bebek berikutnya ialah dapat meredakan rasa sakit gigi. Jika kamu sedang mengalami gusi meradang atau sakit gigi, cobalah untuk menggunakan tanaman satu ini sebagai cara alternatifnya, dan siapa tahu cocok.

Caranya menggunakanya cukup tumbuk daun sosor bebek kemudian tempelkan hasil tumbukan tersebut ke permukaan pipi dari gigi yang sakit.

Atau kamu dapat menggunakan cara kedua yaitu air rebusan daun sosor bebek digunakan untuk obat kumur.

4. Melegakan Pernapasan.

Air seduhan daun Cocor Bebek juga dapat berguna untuk melegakan pernapasan.

Tentunya hal ini cocok untuk pengobatan penderita asma. Cara mengolahnya potong daun Cocor Bebek hingga kecil-kecil lalu keringkan. Setelah itu seduh daun dengan air hangat dan tambahkan sedikit madu sebagai pemanis dan konsumsi selagi hangat.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun sosor bebek untuk kesehatan, jika kamu tertarik untuk menggunakanya sebagai obat herbal, silahkan saja.

Namun perlu kamu ingat untuk tidak terlalu berlebihan dalam menggunakanya.

Sumber : https://www.healty99.com/

By Drajad