Macam-Macam Industri Kreatif dan Kemajuannya di Indonesia

Macam-Macam Industri Kreatif dan Kemajuannya di Indonesia

Industri kreatif di Indonesia juga dikenal dengan sebutan ekonomi kreatif atau industri budaya. Industri kreatif ini terwujud dari pemanfaatan dan keterampilan oleh masing-masing individu dalam menciptakan kesejahteraan serta lapangan kerja. Ada macam-macam industri kreatif di Indonesia.

Industri kreatif yang dimiliki oleh negara ini terbagi dalam berbagai macam atau sektor yang meliputi arsitektur, kesenian, periklanan, desain, kerajinan, fashion, dan masih banyak lagi. Kamu akan menemukan lebih banyak informasi mengenai industri kreatif dalam berbagai sektor klik disini.

Kemajuan Industri Kreatif di Indonesia

Sebelum mempelajari berbagai sektor dari industri kreatif yang ada di negara ini, alangkah baiknya kamu memahami hal-hal apa saja yang bisa memberikan pengaruh dalam kemajuan industri ini. Perkembangan industri kreatif dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti:

  • Kemajuan Teknologi

Kecanggihan teknologi telah menjadi sebuah pendukung terutama bagi para pelakunya dari industri kreatif kelas menengah.

  • Kreativitas

Industri kreatif bisa berkembang dengan adanya kreativitas para pelaku yang tinggi. Sebagian besar pelaku dari industri kreatif ini adalah anak muda yang memiliki potensi dan kreativitas tanpa batas. Hal inilah yang mendorong kemajuan industri kreatif di Indonesia.

  • Media Sosial

Media sosial berperan penting dalam membantu para pelaku bisnis terutama yang memanfaatkan peluang di industri kreatif. Media sosial membantu mempromosikan barang bahkan melakukan penjualan secara online. Dengan demikian industri kreatif dapat berkembang secara luas.

Berbagai Macam Industri Kreatif

Seperti yang telah kamu baca sebelumnya, industri kreatif Indonesia terbagi dalam berbagai sektor. Kamu akan menemukan beberapa sektor di bawah ini yang mungkin cocok dengan passion atau minat yang kamu miliki.

  • Industri Kreatif Arsitektur

Sector ini berhubungan dengan pembuatan desain bangunan, pembuatan rancangan konstruksi bangunan, konservasi bangunan, serta pengawasan bangunan. Semua aspek yang terdapat dalam arsitektur tercakup dalam industri kreatif arsitektur dan terbagi dalam dua level yang berbeda.

Level yang pertama adalah level mikro yang mencakup renovasi atau konstruksi bangunan dalam skala yang lebih kecil, misalnya pembuatan desain interior atau arsitektur taman. Level makro merupakan konstruksi bangunan menyeluruh seperti perencanaan urban design atau town planning.

  • Industri Kreatif Desain

Macam-macam industri kreatif yang kedua adalah sektor desain yang berkaitan dengan pembuatan desain interior, desain produk, dan desain grafis. Dalam sektor ini, telah diterapkan sistem kerja berupa konsultasi perusahaan serta riset pemasaran dan produksi kemasan.

  • Industri Kreatif Fashion

Sektor fashion dikategorikan dalam industri kreatif yang berkaitan dengan pembuatan produk pakaian serta aksesoris pakaian. Konsultasi fashion serta pendistribusian produk fashion juga termasuk dalam sektor industri kreatif ini.

  • Industri Kreatif Kerajinan

Dalam sektor ini, industri kreatif mencakup proses pengadaan atau produksi serta distribusi produk kerajinan. Sektor ini dihasilkan oleh para pengrajin dan dimulai dengan pembuatan desain hingga penyelesaian. Sektor ini memanfaatkan kulit, rotan, kayu, dan bambu dalam pembuatan kerajinan.

  • Industri Kreatif Kesenian

Industri kreatif dalam sektor ini mencakup perdagangan barang seni yang langka dan unik serta memiliki nilai seni tinggi. Barang seni tersebut dijual melalui galeri seni, internet, atau lelang. Automobile, seni lukisan, alat musik tercakup dalam industri kreatif sektor kesenian.

  • Industri Kreatif Kuliner

Sektor kuliner juga termasuk dalam industri kreatif, hal ini ditunjukkan dengan maraknya pembukaan kuliner baru di berbagai daerah yang bisa dibeli dan di nikmati baik secara langsung maupun via online. Menarik bukan? Kamu pun bisa membuka lapangan kerja di bidang industri kreatif kuliner.

Industri Kreatif Modern

Selain keenam macam-macam industri kreatif di atas, masih ada banyak lagi jenis industri kreatif. Misalnya, terdapat industri kreatif modern yang memanfaatkan kecanggihan teknologi yang tentunya mampu meraih lebih banyak pelaku industri kreatif di negara ini.

Contoh dari industri kreatif yang berdasarkan teknologi adalah sektor permainan atau game, sektor musik, sektor perangkat lunak serta layanan komputer, sektor perfilman atau pertelevisian. Biasanya, pelaku dari sektor industri kreatif yang berdasarkan teknologi adalah masyarakat muda.

Meskipun kamu masih belia, tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa menciptakan sebuah lapangan pekerjaan baru yang menjanjikan di bidang industri kreatif dengan memanfaatkan teknologi yang selalu kamu gunakan setiap hari.