Mac Book Pro dengan Harga 85 juta?

Duet MacBook Pro yang baru di-launching Apple harga memang tambah mahal dibandingkan MacBook Air dan Pro yang menggunakan chip M1, dan harga dengan detail paling tingginya capai USD 6.099 atau sekitaran Rp 85 juta.

Mac Book Pro dengan Harga 85 juta?

Baik MacBook Pro 14 atau 16 memang punyai penyempurnaan yang berarti dibandingkan MacBook M1 awalnya, seperti chip yang lebih kuat, refresh rate tinggi pada monitornya, port yang komplet, dan yang lain.

Tetapi harga memang tidak murah. Misalkan MacBook Pro 14 harga mulai USD 1.999 dan versus 16 inch harga mulai USD 2.499. Harga dasarnya ini juga telah semakin tinggi daripada MacBook Air dan Pro versus M1.

Harga itu akan naik jauh bila kemampuan RAM dan storage-nya ditambahkan sampai optimal. Misalnya bila pilihan RAM yang diputuskan ialah unified memori 64GB dengan penyimpanan 8TB, pengisi daya 140W, dan chip M1 Max, karena itu harga akan naik jadi USD 6.099.

Sudah pasti ini cuman harga pirantinya. Untuk softwarenya, Apple mereferensikan Final Cut Pro yang harga USD 299 dan Logic Pro yang harga USD 199 pada halaman checkout di website Apple. Bila software ini dihitung, harga keseluruhannya nyaris capai USD 6.600.

Melalui ke-2 MacBook Pro ini Apple nampaknya menjawab keluh kesah beberapa pemakai MacBook Pro awalnya, karena mereka memberi sejumlah fitur yang awalnya sempat ditiadakan.

Misalnya SD card reader dan port HDMI, lalu Apple kembali memakai pengisi daya MagSafe untuk MacBook Pro baru ini, walau masih tetap memberikan dukungan pengisian daya lewat port USB-C/Thunderbolt 4.

Disamping itu ada kenaikan yang memikat dari monitor, yakni memakai panel mini LED yang dinamakan Liquid Retina XDR. Selainnya memakai mini LED untuk tingkatkan tingkat kontras, monitor ini punyai adaptif refresh rate sampai 120Hz.

Tentu saja kenaikan terjadi pada chip yang digunakan, yakni M1 Pro dan Max, yang bertambah jauh performnya — menurut claim Apple — dibandingkan M1 angkatan pertama.

Baca Juga: Situs Nonton Anime Terpercaya hanya di komikcast