Meski santer pemberitaan mengenai harga token dan koin yang meningkat, namun masih banyak yang belum memahami perbedaan antara keduanya. Mereka memang serupa dan sama-sama dapat dibeli melalui crypto investment platform. Lalu apakah yang membedakan secara spesifik antara token dengan koin digital ini?

Koin Digital di Crypto Investment Platform

Koin digital merupakan mata uang yang beroperasi pada jaringan sistem yang dibuat sendiri. Dalam hal ini crypto memegang peran selayaknya uang pada umumnya tetapi berbentuk digital dan tidak terikat oleh suatu negara manapun. Sehingga koin ini dapat diperdagangkan dan digunakan sebagai alat tukar maupun investasi di Bitcoin investment platform.

Contoh koin crypto misalnya: Bitcoin, Ethereum, Solana, dan sebagainya. Semua mata uang ini bekerja dalam sistem blockchain, yang nantinya bertugas sebagai pencatat transaksi. Seluruh transaksi ini dilakukan antara satu pengguna dengan yang lainnya tanpa melibatkan uang secara fisik.

Token Digital Crypto

Secara umum token merupakan mata uang crypto yang tidak memiliki sistemnya sendiri melainkan masih “menumpang” pada jaringan koin lain. Jika transaksi mata uang crypto dilakukan pada blockchainnya secara mandiri, maka token dilakukan dengan perjanjian kontrak pintar. Contoh token: Uniswap, Polygon, Chainlink, dan sebagainya.

Kontrak inilah yang nantinya menjadi serangkaian kode baru yang memfasilitasi transaksi setiap pengguna. Token sangat mudah dibuat dengan menggunakan kontrak ini. Bahkan satu blockchain dapat membuat dan menampung ribuan token yang berbeda. Hal inilah yang menyebabkan ada banyak jenis token yang akhir-akhir ini bermunculan.

Secara nilai, koin-koin yang ditransaksikan melalui Bitcoin investment platform pada dasarnya adalah uang sungguhan dalam versi digital. Sedangkan token adalah perwakilan dari aset utilitas atau perbuatan dengan menggunakan koin. Jadi dapat disimpulkan bahwa koin adalah token, namun token belum tentu koin karena jaringannya yang masih “menumpang”.

Secara fungsi pun sama. Baik koin atau pun token dapat digunakan sebagai instrumen investasi atau pun transaksi pertukaran. Jadi baik koin atau pun token dapat diperjual belikan melalui crypto investment platform. Asalkan sebelum membeli lakukan riset terlebih dahulu karena pilihan keduanya sangat banyak dengan peluang keuntungan yang juga beragam.

By skyweb