Listrik jadi keperluan penting untuk jalankan beragam kegiatan untuk di rumah tangga, usaha, atau industri. Maka dari itu, kamu harus pastikan jika bill listrik tidak jadi permasalahan di masa datang. Saat sebelum membayar, coba periksa bill listrik online supaya tahu berapakah dana yang perlu dipersiapkan.

Ini kali, Qoala akan suka hati membagi info sekitar langkah check bill listrik lewat cara online melalui HP yang dapat dilaksanakan secara mudah dan cepat. Berikut pembahasan selengkapnya yang dapat kamu baca dan dapat menambahkan pengetahuan sekitar bill listrik!

Gampang! Berikut Langkah Check Tagihan Listrik Online dari HP

Pembagian Kelompok Konsumen setia Listrik PLN

Sumber photo: Besar Suyoga Lewat ShutterstockTidak semua konsumen setia listrik PLN itu sama karena pemakaian listrik dipisah berdasar golongannya. Untuk memperjelasnya, kamu dapat membaca rinciannya berikut ini.

1. Sosial

Konsumen setia yang masuk kelompok listrik PLN sosial ialah konsumen setia tubuh sosial yang memakai tenaga listrik untuk aktivitas sosial. Golong biaya S-3 ini terdiri jadi dua yakni sosial murni dan sosial komersil dan berikut bedanya.

 

[H4] Aktivitas Sosial Murni [/H4]

Aktivitas sosial murni tersangkut kebutuhan beberapa orang strata bawah. Tipe aktivitas sosial murni dapat berbentuk panti bimbingan, asrama haji pemerintahan, rumah sakit punya lembaga pemerintahan pusat atau wilayah, pusat pengajaran keagamaan, dan lain-lain.

[H4] Aktivitas Sosial Komersil [/H4]

Aktivitas sosial komersil tersangkut servis untuk strata sosial menengah ke atas dengan peningkatan sebagai tujuan. Yang terhitung dalam sosial komersil ialah rumah sakit swasta, sekolah atau perguruan tinggi swasta, instansi penelitian swasta, yayasan pengurus haji non pemerintahan atau ONH plus, dan ada banyak kembali.

2. Rumah Tangga

Kelompok konsumen setia listrik PLN yang ke-2 ialah rumah tangga yang diperbedakan atas beberapa opsi, berikut di bawah ini.

– R-1/TR mempunyai batasan daya 1,300 VA yang disebut customer rumah tangga kecil.
– R-1/TR mempunyai batasan daya 2,200 VA yang disebut customer rumah tangga kecil.
– R-2/TR mempunyai batasan daya 3,500 sampai 5,500 VA yang disebut customer rumah tangga menengah.
– R-3/TR mempunyai batasan daya di atas 6,000 VA yang disebut customer rumah tangga besar.

3. Usaha

Kelompok konsumen setia PLN setelah itu usaha. Konsumen setia usaha ialah konsumen setia yang beberapa atau bahkan juga semua tenaga listrik PLN dipakai salah satunya atau beberapa aktivitas berikut:

– Usaha jual-beli barang, jasa, dan perhotelan
– Usaha perbankan
– Usaha Firma, PT, atau badah hukum yang lain beroperasi di sektor usaha perdagangan
– Perdagangan export atau import
– Usaha yang lain bertendensi komersil seperti praktik dokter dan lain-lain.

Adapun untuk kelompok konsumen setia listrik PLN satu ini dibagi jadi dua berdasar batasan energinya.

– B-2/TR dengan batasan daya 5,501 VA sampai 200 kVA yang disebut usaha sedang.
– B-3/TM dengan daya di atas 200 kVA yang disebut usaha besar.

4. Khalayak

Kelompok setelah itu konsumen setia listrik khalayak yang mempunyai kelompok dan biaya dan batasan daya seperti kelompok yang lain. Ada tiga tipe konsumen setia listrik khalayak, salah satunya ialah seperti berikut:

– P-1/TR dengan batasan daya 5,501 VA – 200 kVA untuk kantor pemerintahan kecil
– P-2/TM dengan batasan daya di atas 200 kVA untuk kantor pemerintahan besar
– P-3/TR untuk penerang jalan umum

5. Industri

Customer industri ialah kelompok customer listrik PLN yang lain yang dibagi jadi dua yakni industri rasio menengah dan industri besar. Industri besar mempunyai datang dengan kelompok biaya I-4/TT dengan batasan daya di atas 30,000 kVA dan industri menengah ialah I-3/TM dengan batasan daya di atas 200 kVA.

Langkah Check Bill Listrik Online

Sudah mengetahui jika check bill listrik dapat dilaksanakan lewat cara online lewat web dan program PLN? Service satu ini memberi keringanan untuk beberapa konsumen setia PLN yang tidak dapat atau sempat hadir ke loket pembayaran listrik untuk memeriksa besaran bill listrik saat sebelum mereka melunasinya.

Untuk langkah online ini, kamu dapat melakukan lewat web PLN maupun lewat program PLN yang dapat didownload di semua tipe handphone dengan mekanisme operasi iOS dan Android.

Yok lihat seperti apakah gampangnya masing-masing langkah check bill listrik online itu dan berikut pembahasan selengkapnya!

1. Check Bill Listrik Online Lewat Web PLN

Supaya tahu bill listrik yang perlu kamu bayar, karena itu kamu dapat melakukan secara mudah. Salah satunya langkah check bill listrik online yang tidak kembali asing untuk beberapa orang ialah lewat web sah PLN.

Bila ini pertama kali kamu melakukan dan masih bimbang bagaimanakah cara gampangnya, coba turuti beberapa langkah berikut ini.

– Membuka web PLN atau langsung mencari situs https://situs.pln.co.id/konsumen setia/info-tagihan-dan-token-listrik.
– Teruskan dengan membuat account yang dapat kamu saksikan pada bagian sudut kanan bawah jika kamu belum mempunyai account.
– Isi semua data yang disuruh dan click daftar.
– PLN akan mengirim code klarifikasi lewat e-mail dan kamu dapat masukkan code klarifikasi itu di situs web yang dibuka.
– Masuk atau login memakai e-mail dan sandi yang kamu pakai saat barusan lakukan registrasi.
– Selanjutnya mekanisme akan tampilkan info bill dan kisah pembelian listrik, di mana info itu telah terhitung pajak penerang jalan.

2. Check Bill Listrik Online Lewat Program PLN

Ingin coba langkah check bill listrik gratis? Oleh karenanya, kamu dapat manfaatkan program PLN mobil yang dapat didownload oleh semua pemakai handphone dengan mekanisme operasi iOS dan Android.

Ya, ini menjadi langkah lain selainnya berkunjung web PLN, di mana kamu perlu membuat program itu setiap akan memeriksa bill listrik tiap bulannya.

Berikut dua langkah memeriksa bill listrik online lewat program PLN.

[H4] a. Langkah Check Bill Listrik Online untuk Pemakai iOs [/H4]

Pengujian bill listrik juga bisa dilaksanakan di handphone dengan mekanisme operasi iOS. Bila kamu pemakai iPhone atau produk Apple yang lain, kamu dapat mengambil program yang namanya PLN Mobile lebih dulu di App Toko. Adapun beberapa langkah dari check bill listrik online melalui HP satu ini ialah seperti berikut.

– Pertama, pastikanlah kamu mempunyai paket internet untuk mengambil program PLN mobil di App Toko.
– Membuka program jika kamu sukses mengambilnya di handphone.
– Selanjutnya tentukan menu info dan click Info Bill dan Token Listrik.
– Masukan ID konsumen setia atau nomor meteran listrik rumah kamu dan click mencari.
– Bill akan diperlihatkan di monitor handphone hingga kamu dapat menyaksikan besaran nominalnya.

[H4] b. Langkah Check Bill Listrik Online untuk Pemakai Android [/H4]

Selainnya pemakai iOS, pemakai handphone Android bisa juga memeriksa bill listrik lewat cara online lewat program PLN Mobile. Seperti program lain secara umum, kamu dapat download dengan gratis di Play Toko dengan pastikan ada akses internet. Berikut langkah gampangnya!

– Membuka Play Toko dan mencari PLN Mobil
– Ambil dan membuka program di handphone kamu.
– Tentukan menu info dan tentukan Info Bill dan Token Listrik.
– Masukan ID konsumen setia atau nomor meteran listrik kamu.
– Click mencari dan nantikan sampai program tampilkan status bill listrik komplet dengan nominal yang perlu dibayarkan.

3. Check Bill Listrik Lewat SMS

Selainnya memeriksa bill listrik lewat cara online, kamu mempunyai pilihan lain dengan manfaatkan handphone yang dipunyai yakni lewat SMS. Langkah satu ini memberi keringanan hingga kamu dapat selekasnya tahu keseluruhan bill listrik yang perlu kamu bayar.

Walau telah banyak yang mempunyai program PLN mobile, tetapi memeriksa bill listrik lewat SMS pantas kamu coba. Kamu dapat pilih pengujian untuk 1 bulan atau secara terus-menerus, di mana kamu akan abonemen supaya memperoleh info bill listrik tiap bulannya.

Triknya ialah seperti berikut dan dapat kamu kerjakan jika kamu mempunyai pulsa karena kamu akan ditanggung ongkos sejumlah Rp 500 (belum terhitung PPN 10%) setiap lakukan pengujian.

– Untuk memeriksa bill /bulan kamu dapat mengirimi SMS ke 8123 dengan pola REK (spasi) NO ID Konsumen setia, misalkan REK 8990987689 dan kirim ke 8123.
– Bila ingin abonemen supaya memperoleh penyempurnaan info bill listrik, kirim SMS memakai pola PLN PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID konsumen setia, kirim ke 8123 (misalnya ialah PLN ON 987323847851 kirim ke 8123.
– Jika kamu tidak mau kembali memperoleh pernyataan lewat SMS atau ingin stop abonemen, karena itu kamu dapat melakukan lewat SMS dengan pola PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID konsumen setia dan kirim ke 8123.

4. Check Bill Listrik Lewat Telephone atau Call Center

Langkah yang lain banyak juga diputuskan oleh konsumen setia PLN untuk lakukan pengujian bill listrik ialah lewat telephone atau call-center. Langkah ini dipandang benar-benar gampang karena kamu dapat check bill listrik tanpa program. Kerjakan panggilan ke call-center PLN di nomor 123 dan turuti panduan yang diberi!

Call-center PLN memberi service setiap saat sepanjang 24 jam sehari-harinya. Namun, tiap panggilan akan dikenai biaya telephone normal jadi yakinkan pulsa kamu memenuhi supaya tidak alami masalah saat mengontak call-center.

Langkah Bayar Bill Listrik

Dalam bayar bill listrik, beberapa konsumen setia mempunyai hak yang serupa untuk rasakan keringanan baik dengan online atau off-line. Untuk pastikan langkah yang mana terbaik buat kamu, coba bandingkan dua langkah berikut!

1. Langkah Bayar Bill Listrik lewat Online

Buat kamu yang tidak sempat atau mungkin tidak ingin ke luar rumah cuman untuk bayar bill listrik, ada pilihan pembayaran bill listrik PLN lewat cara online. Untuk pembayaran online, kamu dapat pilih salah satunya dari pilihan pembayaran berikut ini.

[H4] a. Lewat SMS [/H4]

Pastikanlah kamu memakai service SMS banking dari beberapa bank yang bekerja bersama dengan PLN seperti Bank Berdikari, BNI, BRI, dan bank yang lain.

[H4] b. Pembayaran Bill Listrik Online lewat Internet Banking [/H4]

Internet banking memberi keringanan dalam berbisnis terhitung pembayaran bill listrik. Yakinkan bank yang kamu tentukan sudah bekerja bersama dengan PLN dalam menyiapkan keringanan pembayaran listrik.

[H4] c. Lewat ATM [/H4]

Ada beberapa transaksi bisnis yang dapat kamu kerjakan secara memakai ATM atau Automatic Teller Machine selainnya tarik uang, terhitung bayar bill listrik. Tetapi, akan lebih bagus untuk lebih dulu memeriksa bill saat sebelum membayar. Selanjutnya, kamu dapat ikuti beberapa langkah di bawah ini.

– Pertama, persiapkan nomor IDPEL dan tentukan menu pembayaran di ATM.
– Selanjutnya tentukan listrik/PLN dituruti dengan pilih listrik pascabayar.
– Masukan nomor IDPEL atau ID Konsumen setia.
– Sesudah membaca info bill listrik yang diperlihatkan di monitor ATM, click bayar dan nantikan sampai bukti pembayaran keluar.

[H4] d. Lewat E-commerce [/H4]

Sekarang ini, kamu dapat nikmati keringanan beragam transaksi bisnis dengan adanya banyak e-commerce dimulai dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan yang lain. Umumnya cara pembayaran di masing-masing e-commerce hampir sama, di mana secara biasanya ialah seperti berikut.

– Persiapkan nomor mtr. atau ID konsumen setia.
– Membuka web atau program e-commerce yang hendak kamu tentukan.
– Tentukan pilihan PLN bill listrik dan tentukan sistem pembayaran yang kamu harapkan.
– Mekanisme akan mengolah pembayaran secara automatis dan nantikan sampai kamu memperoleh pemberitahuan jika transaksi bisnis sukses.

2. Langkah Bayar Bill Listrik lewat Off-line

Sebagai konsumen setia PLN yang konsumsi listrik, kamu mempunyai kewajiban untuk bayar bill listrik untuk kelancaran operasional. Pembayaran bill listrik lewat off-line atau konservatif sebagai opsi yang telah ada dari dari dahulu.

Langkah satu dapat dilaksanakan secara mudah dengan bertandang ke kantor POS atau loket pembayaran listrik PLN di kota atau sekitaran rumah kamu dan berikan arah untuk bayar bill listrik.

Rekonsilasi Harga Biaya Listrik dari PLN

Sumber photo: Wisyandi tamrin Lewat ShutterstockUntuk tentukan biaya tenaga listrik yang disamakan atau biayaf adjustment, PLN memakai rumus atau formulasi tertentu. Adapun rumusnya ialah:

TB= TL x (1 + %TA)

Info

TB = biaya baru yang berjalan sesudah rekonsilasi (biayaf adjustment).

TL = biaya lama.

%TA = Prosentase rekonsilasi biaya listrik

%TA = % (Kkurs x Δ Kurs) + % (KICP x Δ ICP) + % (Kinflasi x Δ Inflasi)

Info

TA = biayaf adjustment

Kkurs = koefisien peralihan kurs

Δ Kurs = beda di antara kurs baru dan referensi yang sama sesuai APBN

KICP = koefisien peralihan ICP

Δ ICP = beda di antara ICP baru dan referensi yang sama sesuai APBN

Kinflasi = koefisien peralihan inflasi

Δ Inflasi = beda di antara inflasi baru dan referensi yang sama sesuai APBN

Langkah Hitung kWh Listrik

Walau kamu langsung bisa lakukan pengujian bill listrik, tidak ada kelirunya untuk cari tahu langkah hitung kWh listrik hingga kamu ketahui darimanakah asal nominal jumlah bill yang ditanggung ke kamu.

Berikut ini ialah cara dan langkah hitung kWh listrik lebih terang dan detil.

1. Kenali Kelompok Biaya Listrik

Untuk dapat hitung pemakaian listrik di dalam rumah, kamu harus lebih dulu ketahui kelompok biaya listrik. Di Indonesia, ada beragam tipe kelompok biaya listrik seperti 900 VA, 1,300 VA, sampai di atas 6,600 VA.

Batasan daya akan punya pengaruh pada kelompok biaya daya listrik yang lain. Misalkan ialah biaya dasar listrik untuk kelompok 9,00 VA ialah Rp 1,352 per kWh, beda hal dengan kelompok 1,300 VA sampai 5,600 VA ke atas. Untuk kelompok listrik itu, biaya dasar listrik yang perlu kamu bayar per kWh ialah Rp 1,467 demikian.

2. Check dan Tulis Perlengkapan yang Memerlukan Listrik

Langkah ke-2 yang perlu kamu kerjakan ialah menulis perlengkapan yang memerlukan listrik dimulai dari mesin pencuci, kulkas, tv, dan lain-lain. Misalnya ialah seperti berikut:

– 1 unit mesin pencuci memakai daya listrik 350 watt.
– 1 unit kulkas memakai daya listrik 350 watt.
– 1 unit tv memakai daya listrik 80 watt.
– 1 unit AC memakai daya listrik 800 watt.
– 10 buah lampung memakai daya listrik masing-masing 20 watt.

3. Kerjakan Perkiraan Pemakaian Perlengkapan Listrik

Untuk hitung perkiraan, kamu dapat memprediksi berapakah lama pemakaian beberapa alat listrik yang berada di rumah.

4. Hitung Ongkos Listrik

Cara yang terpenting ialah hitung ongkos listrik dengan menjumlah semua perkiraan pemakaian listrik di dalam rumah kamu. Tetapi kamu harus mengubah unit watt jadi kilowatt per hour atau kWh yakni dengan membagikan jumlah pemakaian daya dengan 1,000.

Langkah singkat hitung pemakaian listrik ialah keseluruhan pemakaian kWh setiap hari x biaya dasar per kWh X jumlah hari pada sebuah bulan.

Contoh Replikasi Penghitungan kWh Listrik

Misalkan, bila setiap harinya kamu memakai daya sejumlah 25,000 watt, karena itu ini memiliki arti kamu memakai sejumlah 25 kWh yang disebut dari hasil 25,000:1,000.

Jika kamu memakai listrik kelompok 900 VA dengan biaya per kWh Rp 1352 karena itu untuk hitung jumlah pemakaian listrik /bulan ialah 25 x 1,352 = Rp 33,800. Untuk pemakaian sebulan kamu tinggal mengalikan hasil itu dalam jumlah hari, yakni 33,800 X 30 = Rp 1,014,000.

Sesudah tahu beragam langkah check bill listrik online, kamu dapat pilih langkah yang dipandang paling efisien dan efektif. Walau mempunyai kewajiban untuk bayar bill listrik, tetapi hal itu tak perlu menyusahkan dan memberatkan. Dengan demikian, kamu masih tetap dapat meneruskan kegiatan tanpa habiskan waktu cuman fokus pada hal itu.

Seperti check bill listrik, kamu bisa juga membayar bill itu melalui HP baik lewat sms, internet, atau mobile banking. Atau juga bisa lewat e-commerce yang makin mempermudah kamu dalam bayar bill listrik kapan saja dan di mana saja.

Mudah-mudahan info yang ini kali Qoala berikan dapat menolong dan bermanfaat ya. Janganlah lupa untuk selalu terhubung website Qoala setiap akan mengupdate info apa saja.

 

kunjungi juga harga tiket bis

By dzail