Cek Fakta; Sambiloto Herbal Anti Covid

sambiloto herbal anti covid

Belakangan herbal sambiloto memang sedang naik daun. Sejak bahan herbal alami khas Indonesia ini dikatakan sebagai herbal anti Covid. Pada kesempatan ini mari kita lakukan pengecekan fakta. Sejauh mana kebenaran mengenai manfaat sambiloto untuk pengobatan dan pencegahan Covid.

Produk Herbal Sambiloto Untuk Hadapi Corona

Dalam beberapa bulan terakhir, seiring dengan berkembangnya pandemi Corona yang semakin luas ini, semakin banyak klaim yang menyatakan produk herbal tertentu sebagai produk anti Covid. Salah satunya adalah Sambiloto.

Herbal Sambiloto sendiri merupakan herbal alami khas kawasan Tropis. Dikenal luas dalam pengobatan tradisional Nusantara, Asia tenggara, Ayurveda hingga Tiongkok. Tanaman yang biasa tumbuh subur dengan fasad perdu tinggi ini lazim dimanfaatkan daunnya sebagai obat tradisional. Rasanya dikenal sangat pahit dan sulit hilang.

Secara tradisional, pemanfaatan Sambiloto ini biasanya untuk kebugaran, baik untuk daya tahan tubuh, anti masuk angin. Biasanya dikonsumsi ketika seseorang mengalami flu, perut kembung, diare, batuk batuk dan baik pula untuk atasi pegal linu. Dalam pengobatan tiongkok sambiloto juga digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah.

Tetapi kini, sambiloto banyak diincar orang karena dianggap baik untuk pencegahan penularan virus Corona. Karena memberi stimulus positif terhadap daya tahan tubuh. Hingga performa daya tahan tubuh lebih optimal bahkan saat kita harus berhadapan langsung dengan penderita infeksi virus Corona.

Herbal sambiloto ini juga dianggap baik sebagai terapi anti Covid. Baik dikonsumsi oleh pasien Covid 19 karena mampu bekerja menghentikan perkembangan penyakit, membantu mematikan virus dan mengatasi keluhan yang muncul pada pasien Covid.

Cek Fakta; Benarkah Sambiloto Herbal Anti Covid?

Untuk menjawab pertanyaan soal kebenaran khasiat sambiloto sebagai herbal anti Covid, kita harus menilik pada bagaimana pandangan medis sebelum masa pandemi terhadap Sambiloto.

Dalam sejumlah sumber dikatakan, sejak lama Sambiloto dikenal kaya akan fitokimia berkhasiat yang baik untuk anti infeksi, imunmodulator, anti virus, antipiretik (antidemam), anti inflamasi, dan sebagai terapi yang sifatnya membantu kebugaran tubuh.

Sedang dalam sumber lain dijelaskan bahwa terapi sambiloto telah terbukti klinis memiliki efek positif membantu pengobatan masalah pernafasan. Termasuk di antaranya keluhan batuk, pneumonia, asma dan gangguan pada paru paru.

Berangkat dari sini, sebuah riset pilot dalam skala terbatas diadakan oleh Universitas Airlangga. Riset melibatkan sejumlah herbal yang secara klinis memiliki potensi sebagai anti Covid. Dan dari riset ini ditemukan bahwa herbal Sambiloto memiliki potensi anti Covid lebih besar.

Riset ini kemudian dikembangkan kembali di Thailand. Riset pilot lanjutan dilakukan untuk melihat efektivitas terapi dengan herbal sambiloto ini terhadap pasien Covid 19 dan mereka dengan tingkat resiko tinggi terhadap penyakit Covid 19.

Hasilnya dipastikan bahwa Sambiloto terbukti potensial sebagai terapi anti Corona. Baik untuk mencegah penularan virus Corona dan efektif membantu mereka yang telah dinyatakan positif tertular untuk tidak mengalami kondisi kondisi buruk sebagai akibat serangan virus.

Dalam penjelasan lanjutan, Sambiloto yang memiliki nama latin Andrographis paniculata dikatakan mengandung androgapalin. Senyawa ini sangat baik untuk proteksi sistem pernafasan. Dan diyakini senyawa inilah yang berperan sebagai anti Covid.

Cara Terbaik Konsumsi Herbal Sambiloto

Dengan fakta yang menunjukan bahwa Sambiloto sangat potensi bekerja sebagai herbal anti Covid. Tentu saja Anda perlu pula memahami cara terbaik dalam mengonsumsi Sambiloto. Anda bisa konsumsi teh yang terbuat dari air rebusan daun kering Sambiloto atau serbuk kering Sambiloto.

Tetapi, untuk mendapatkan khasiat terbaik dan takaran yang tepat, Anda sebaiknya pilih produk ekstraksi yang sebelumnya telah terdaftar di BPOM dan tersertifikasi Halal dari MUI. Produk semacam ini sudah memiliki dosis yang pasti, takaran yang terukur dan tentu saja aturan minum yang telah disesuaikan.

Anda bisa medapatkan lebih banyak informasi seputar herbal alami Sambiloto dan pemanfaatan sebagai herbal anti Covid dalam laman herbal dan kesehatan terpercaya deherba.com.