Deskripsi pekerjaan seorang programmer berbeda dari pekerjaan lain, karena setiap pekerjaan berbeda. Tetapi penting untuk dicatat bahwa seorang programmer yang juga disebut pengembang perangkat lunak, memiliki pekerjaan yang sangat penting, bahkan dalam ekonomi yang berfokus pada digital.

Tidak sulit untuk melihat mengapa jumlah loker programmer di bidang ini terus bertambah, tidak hanya di seluruh dunia tetapi juga di Indonesia. Programmer adalah orang yang membuat program dan aplikasi komputer. Selain itu, berikut adalah penjelasan lengkap tentang bagaimana pekerjaan pengembangan perangkat lunak dilakukan.

1. Menulis Kode dan Mengujinya
Pemrogram membangun web dan perangkat lunak sebagai bagian dari pekerjaan mereka. Ini memungkinkan mereka menulis kode untuk aplikasi seluler dan program komputer. Bisa dibilang apa yang dilakukan mirip dengan apa yang dilakukan seorang web designer.
Saat menulis kode, pasti ada banyak kesalahan, dan juga akan ada banyak pengujian. Jadi, programmer komputer perlu cukup berhati-hati untuk menemukan solusi atas kesalahan yang terjadi pada program yang mereka buat. Tidak perlu bertanya mengapa pengembang perangkat lunak harus bisa menyelesaikan masalah dengan logika yang baik.

2. Membuat Pembaruan
Seorang programmer juga harus membuat dan menginstal pembaruan perangkat lunak yang sudah ada di luar sana. Pembaruan memperbaiki bug dan menambahkan fitur baru ke program untuk membuat pengalaman pengguna lebih baik.
Berapa lama aktivitas pembaruan ini tergantung pada seberapa rumitnya. Waktunya sendiri bisa di mana saja dari beberapa hari hingga beberapa bulan.

3. Perbaikan Kesalahan
Juga, adalah tugas programmer untuk menemukan kesalahan dalam kode dan memperbaikinya. Jadi, tidak mengherankan jika pemrogram komputer dan aplikasi harus bekerja setiap hari untuk menemukan cara memperbaiki program yang error atau tidak berfungsi dengan benar. Karena sebagian besar kesalahan dibuat dalam kode. Langkah selanjutnya adalah mencari dan memperbaiki kesalahan pada kode agar program dapat berjalan seperti biasa.

4. Menulis Ulang Program
Intinya adalah tugas pengembang perangkat lunak yaitu menulis ulang program sehingga dapat berjalan di sistem operasi yang berbeda. Hal ini akan memudahkan banyak sistem operasi untuk menggunakan program atau aplikasi tersebut. Misalnya, jika ada program komputer, itu dapat digunakan di Windows dan sistem operasi lainnya.

5. Keamanan Program
Perlu diingat bahwa programmer juga harus memastikan bahwa program atau aplikasi seluler yang mereka buat aman dari ancaman keamanan cyber. Jadi pengembang perangkat lunak harus mengetahui apakah ada perangkat lunak yang berbahaya.
Juga, itu harus memperbaiki perangkat lunak yang mungkin bisa dimasuki peretas, terutama sebelum kebocoran data terjadi.

Nah, Anda sudah tahu apa yang dilakukan seorang programmer, jadi Anda tahu apa yang mereka lakukan. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang pemrograman, Anda dapat mencoba pergi ke situs Nextgen. Salah satu pekerjaan IT yang bisa Anda temukan di situs ini adalah menjadi seorang programmer.

By mirfan