5 Perlakuan Manusia pada Kucing yang Sering Dibenci Kucing, Yuk Sadar!

Kutu menjadi salah satu permasalahan yang bisa dialami kucing peliharaan anda di rumah. Permasalahan kutu kucing bukanlah hal sepele harus ditangani segera. Apalagi jika kucing peliharaan di rumah anda merupakan kucing ras seperti angora atau Persia dengan bulu yang lebat. Tentunya ini akan membuat kita semakin kesulitan membasmi kutu di tubuhnya. Meskipun saat ini banyak cara menghilangkan kutu kucing dengan berbagai obat-obat yang dijual bebas diluaran. Namun anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami di rumah.

1. Lemon

Kandungan asam sitrat di dalam lemon inilah yang membuatnya dipercaya sebagai cara menghilangkan kutu kucing secara alami. Air lemon sudah banyak digunakan untuk mengobati kutu kucing. Anda bisa membuat larutan air lemon dengan cara merebus 1-2 potongan lemon dengan air. Biarkan potongan lemon terendam dalam larutan tersebut selama beberapa jam. Setelah itu tiriskan cairannya dan pindahkan ke botol semprot.

Untuk menggunakannya sebagai obat kutu kucing, anda bisa mengoleskannya secara lembut pada bulu-bulu kucing namun pastikan menghindari bagian matanya. Setelah itu perhatikan apakah kucing anda mengalami iritasi seperti kemerahan atau tanda-tanda lainnya. Jika tidak anda bisa mengulangi perawatan ini secara rutin hingga kutu kucing benar-benar hilang.

Jika kucing anda tidak terlalu menyukai air, anda bisa menggunakan metode lainnya dengan menggunakan sisir kutu. Celupkan sisir kutu ke dalam larutan lemon dan gunakan untuk menyikat bulu kucing. Untuk memastikan sisa-sisa kutu dan telur kutu kucing, tambahkan segelas air lemon saat anda mencuci tempat tidur kucing peliharaan anda. Ini akan membasmi kutu atau telur kutu yang tersisa.

2. Rempah-Rempah

Bahan alami yang satu ini akan sangat mudah anda temukan di dapur dan sangat efektif sebagai cara menghilangkan kutu kucing dengan cepat. Jenis rempah yang bisa anda gunakan adalah minyak oregano dan rosemary. Kandungan carvacrol dalam minyak oregano yang membuatnya digunakan sebagai cara menghilangkan kutu kucing. Anda bisa mencampurkan 1 sdt minyak oregano dengan 3 sdt minyak zaitun. Setelah itu oleskan sedikit pada bagian tubuh kucing yang terlihat banyak kutu, seperti bagian perut, telinga, leher, hingga bagian ekor kucing.

Jika anda ingin menggunakan rosemary, mungkin aromanya kurang begitu disukai oleh kutu. Anda bisa mengakalinya dengan menggiling daun rosemary sehingga menjadi bubuk. Setelah itu taburkan di area rumah yang seringkali ditempati kucing.

3. Cuka Sari Apel

Obat Kutu kucing lainnya yang bisa ditemukan di rumah adalah cuka sari apel. Meskipun tidak terlalu efektif membasmi serangga, namun penggunaan cuka apel sebagai cara menghilangkan kutu kucing terbilang sangat efektif. Cuka sari apel bisa menyebabkan kutu melompat dari bulu dan tubuh kucing sehingga mudah bagi anda mengatasinya.

Untuk membuat obat kutu kucing alami ini, campurkan cuka sari apel dan air menggunakan perbandingan 2:1. Setelah itu tempatkan di botol semprot dan aplikasikan pada bulu kucing anda. Mungkin anda harus menjalani perawatan ini beberapa kali hingga kucing benar-benar bebas kutu.

4. Minyak Cedar

Anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan kutu kucing ini yaitu memanfaatkan minyak cedar. Dengan mengoleskan ataupun menyemprotkan minyak cedar ini bisa membantu membasmi kutu kucing. Minyak essensial ini aman dan tak akan membahayakan kucing anda. Oleskan beberapa tetes minyak di bagian tubuh kucing yang sering dihinggapi kutu. Lakukan perawatan ini beberapa kali sampai kutu dan telurnya hilang dari tubuh kucing anda.

Cara menghilangkan kutu kucing dengan menggunakan bahan bahan alami seperti diatas tentunya akan lebih aman dibandingkan menggunakan obat obatan berbahan kimia. Namun jika permasalahan kutu kucing anda tidak kunjung beres, segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

By sartika