Menurut ahli, pergantian gaya hidup dan prilaku dapat menurunkan risiko kanker ulang kambuh. Berikut adalah hal-hal yang dapat dikerjakan penyintas kanker dan juga untuk menahan kanker payudara mampir ulang menurut sebagian penelitian para ahli ataupun cara mencegah kanker payudara.

 

1. Gerakkan tubuh

Olahraga tertata setidaknya 2,5 jam seminggu adalah gaya hidup yang paling penting untuk menghindari kanker ulang datang. Olahraga dapat menurunkan peradangan dan tingkat hormon yang berkaitan dengan kekambuhan.

 

2. Jaga berat badan

Menghindari kenaikan berat badan dan menjalani diet sehat selama dan sesudah perawatan kanker payudara, dapat menambahkan sebagian perlindungan. Wanita yang mengalami obesitas punya risiko kekambuhan lebih tinggi dibanding mereka yang merawat berat badan senantiasa sehat.

 

3. Minum obat yang diresepkan

Minum obat-obatan yang udah diresepkan di awalnya terlampau penting untuk merawat kanker ulang datang. Beberapa penelitian udah menyatakan agen antiestrogen dan aromatase inhibitor dapat memblokir kanker payudara kambuh.

 

4. Perbanyak vitamin C dan D

Mengonsumsi suplemen vitamin C dapat mengurangi tingkat kematian akibat kanker payudara. Kadar vitamin D yang rendah termasuk dikaitkan dengan hasil kanker yang lebih buruk.

 

5. Minum teh hijau

Sebuah penelitian di Jepang menemukan penurunan signifikan yaitu sebesar 31 % di dalam risiko kanker payudara ulang mampir di kalangan wanita peminum teh hijau. Namun, penelitian ini belum semuanya lengkap apakah benar sering minum teh hijau dapat merawat dari kanker payudara.

By toha