Banyak orang mengira, cicilan tanpa kartu kredit seperti Kredivo hanya bisa digunakan untuk beli barang-barang demi kebutuhan konsumtif. Mulai dari gadget, pakaian, tas, sepatu, barang-barang elektronik, dan masih banyak lagi. 

 

Padahal, kalo kita kreatif, kemudahan yang ditawarkan cicilan tanpa kartu kredit bisa sangat membantu untuk aktivitas produktif yang dapat mendatangkan pundi-pundi lho. Contoh nyatanya adalah untuk membuat usaha sampingan. Dimulai dari skala kecil, seperti usaha rumahan, misalnya jualan kue, cookies, katering, tempat jahit, atau mungkin warung kopi depan rumah?

 

Karena saat ini pandemi dan PSBB masih berlangsung, usaha rumahan bisa jadi opsi paling tepat untuk dieksekusi buat kamu yang pengen cari uang tambahan. Nah, cicilan tanpa kartu kredit bisa jadi modal awalnya jika kamu terkendala di modal. 

 

Tidak harus pinjam modal dalam bentuk uang, kalo bisnis rumahan yang mau dijalankan seputar bikin kue, snack, atau masak, kamu bisa menggunakan cicilan tanpa kartu kredit untuk beli alat-alatnya. Seperti: blender, mixer, oven, spatula, dll. 

 

Kalo kayak gitu, gimana langkah-langkah memulainya? Kamu bisa ikuti 4 tahap berikut ini: 

 

Buat atau Daftar Dulu ke Layanan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

 

Dibanding aplikasi pinjaman online, aplikasi cicilan tanpa kartu kredit jumlahnya bisa dihitung jari. Salah satu yang unggul di pasaran adalah Kredivo. Sebab, selain opsi merchantnya banyak, suku bunga Kredivo untuk cicilan juga terkenal paling rendah dibanding aplikasi cicilan lainnya. 

 

Selayaknya aplikasi cicilan tanpa kartu kredit lain, ada sejumlah limit yang diberikan Kredivo kepada pengguna terdaftar. Limit tersebut maksimal s.d Rp 30 juta. Tapi, tentunya tidak dijamin kita bakal dapat limit Rp 30 juta saat daftar. Angka tersebut adalah angka maksimal. Sangat mungkin, saat pendaftaran disetujui, limit yang kita terima kurang dari angka tersebut. Misalnya Rp 8 juta, Rp 10 juta, atau Rp 15 juta. 

 

Supaya nggak kecewa, sebelum merumuskan modal, bujet, dan rencana usaha rumahan dengan matang, saya saranin kamu coba dulu daftar ke aplikasi cicilan tanpa kartu kredit. Kalo tertarik pake Kredivo, kamu bisa daftar melalui aplikasinya yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. Ada 3 kriteria atau syarat utama yang harus kamu penuhi sebelum daftar jadi pengguna Kredivo, yaitu: 

 

  1. Sudah berusia minimal 18 tahun. 
  2. Sudah memiliki penghasilan, minimal Rp 3 juta sebulan. 
  3. Berdomisili di wilayah layanan Kredivo yaitu di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

 

Saran saya, pilih daftar sebagai akun Premium di awal ya. Karena cuma akun Premium yang bisa pake fitur cicilan s.d 12 bulan dari Kredivo dan punya kesempatan mendapat limit lebih besar dibanding akun Basic. 

 

Dalam 1 x 24 jam setelah pendaftaranmu di aplikasi Kredivo selesai, kamu bakal menerima notifikasi apakah pendaftaranmu disetujui atau ditolak. Iya, prosesnya memang singkat dan cepat karena berbasis online. 

 

Tentukan Modal atau Bujet yang Diperlukan untuk Usaha Rumahan

 

Jika pendaftaran akunmu disetujui, berarti kamu sudah punya angin segar untuk lanjut ke tahap berikutnya. Yaitu mulai merumuskan rencana usaha beserta modal atau bujet yang dibutuhkan. Di tahap ini, kamu perlu melakukan banyak riset terkait ide usaha rumahan hingga potensi target marketnya. Sebab, kalo idenya sudah bagus tapi target marketnya nggak mendukung, bisnismu berpotensi nggak jalan. 

 

Contoh: untuk wilayah rumah yang ramai warga lalu lalang, jualan pulsa, kue, snack, dengan membangun etalase depan rumah bisa jadi akan menguntungkan. Sebaliknya, kalau wilayah rumahnya sepi, kamu bisa mempertimbangkan membuat usaha rumahan yang pemasarannya dilakukan secara online seperti lewat media sosial atau WhatsApp. 

 

Buat Rencana Eksekusi dan Alokasi Bujet yang Matang

 

Jika sudah yakin dengan rencana usaha yang dibuat, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya yaitu eksekusi dan pengalokasian bujet. 

 

Katakanlah kamu punya limit cicilan tanpa kartu kredit sebesar Rp 10 juta di Kredivo. Mau digunakan untuk apa saja limitnya?

 

Gunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit Sesuai Rencana Tersebut

 

Kalo modal yang kamu butuhkan berbentuk barang, kamu bisa menggunakan limit tersebut untuk membeli barang yang dibutuhkan di berbagai merchant atau e-commerce rekanan Kredivo. Misalnya: Tokopedia, Electronic City, Bukalapak, JD.id, Blibli, dll. 

 

Dengan minimum transaksi Rp 1 juta di merchant-merchant rekanan Kredivo, kamu bisa mengandalkan fitur cicilan tanpa uang muka dengan opsi tenor 3/6/12 bulan. Suku bunganya cuma 2,6% per bulan. 

 

Kalo modal yang kamu butuhkan berbentuk uang tunai, kamu bisa menggunakan limit untuk dicairkan menjadi pinjaman. Caranya dengan mengeklik fitur pinjaman tunai yang ada di aplikasi Kredivo, lalu masukkan nominal pinjaman yang kamu butuhkan minimal mulai dari 500 ribu. 

 

Isi form yang tersedia, lalu submit pengajuan. Jangan lupa, pilih opsi tenor yang sesuai kemampuan. Ada 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. Kalo dana yang kamu pinjam cukup banyak, maka kamu bisa pilih tenor 6 bulan. 

 

Dalam waktu 1 hari, jika pengajuanmu disetujui, dana pinjaman akan langsung cair ke rekening.

 

Gimana, mudah kan? 😀

By sartika