Genset portabel digunakan oleh banyak orang karena berbagai alasan. Beberapa kegunaan yang paling umum adalah: rekreasi, pekerjaan, dan rumah. Memilih generator yang tepat sangat penting sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui berapa banyak daya yang Anda butuhkan dan berapa banyak uang yang bersedia Anda bayarkan.

Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Genset Portabel

Pertama-tama, penting untuk memahami berapa banyak kekuatan yang akan Anda butuhkan. Sebaiknya periksa semua peralatan dan perlengkapan yang menurut Anda akan digunakan dengan generator Anda dan catat watt gabungannya. Mereka yang mengabaikan tugas ini akhirnya frustrasi ketika generator mereka mati karena kelebihan daya.

Jika Anda suka berkemah atau berperahu, Anda tahu betapa kerasnya suara generator saat Anda mencoba untuk beristirahat. Solusi sempurna adalah memilih generator portabel yang tenang. Generator paling tenang dikenal sebagai inverter. Generator inverter memiliki keluaran desibel terendah, ukurannya kompak, dan sangat bertenaga. Satu-satunya kelemahan adalah harganya lebih mahal daripada unit yang lebih keras.

Apakah Anda akan menggunakan generator Anda untuk waktu yang lama? Jika iya, sebaiknya Anda membeli genset dengan ukuran tangki yang lebih besar. Ini akan memastikan bahwa unit Anda akan berjalan lebih lama di antara pengisian bahan bakar.

 

Generator Bertenaga Bensin atau Diesel

Salah satu keuntungan memilih generator bertenaga bensin adalah biaya rendah dibandingkan dengan jenis bahan bakar lainnya. Kerugian dari generator berbahan bakar bensin adalah membutuhkan lebih banyak perawatan, terutama selama cuaca dingin karena mereka cenderung memiliki masalah start yang lebih sering.

Generator portabel Genset Inverter 5 KVA bertenaga diesel sedikit lebih mahal daripada bensin, namun biaya yang lebih tinggi membayar sendiri karena generator ini memerlukan lebih sedikit perawatan dan cenderung memiliki lebih sedikit masalah di lingkungan cuaca dingin.

Fitur Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Beberapa generator portabel memiliki sakelar listrik yang nyaman dan mudah dinyalakan. Yang lain memiliki tali tarik yang harus dimulai seperti rumput lagi. Jika kelebihan daya mungkin menjadi masalah bagi Anda, maka Anda harus memastikan bahwa generator portabel Anda memiliki kemampuan mematikan otomatis. Sebagian besar generator di pasaran saat ini memiliki pemutus sirkuit bawaan untuk mencegah kelebihan beban.

Langkah Anda Selanjutnya

Sebelum membeli generator portabel, tentukan kebutuhan daya Anda dan putuskan berapa banyak uang yang ingin Anda keluarkan. Ingat, aturan umumnya adalah Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Generator yang lebih murah cenderung lebih keras dan biasanya membutuhkan lebih banyak perawatan sedangkan generator yang lebih mahal seperti inverter biasanya lebih tenang dan lebih mudah dirawat. Setelah Anda mengetahui kebutuhan Anda, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu mempersempit pilihan utama Anda.

By nur