Saat konsumen setia jenuh dengan strategi pemasaran konservatif, perusahaan mulai berpindah ke konten pemasaran sebagai langkah untuk memperlihatkan nilai dan munculkan personalitas merek mereka. Tetapi, diperlukan lebih dari sekedar tulisan untuk mengikutsertakan dan memancing ketertarikan konsumen setia Anda.

Baca beragam berita terhangat hanya di Berita Ambon.

Bila Anda ingin membuat merek affinity dan membuat client Anda tiba kembali untuk beli semakin banyak, Anda perlu membuat sticky konten. Dalam kata lain, Anda membutuhkan copywriting website dan info online yang dapat memberikan inspirasi dan berikan motivasi audience Anda, sekalian membuat usaha Anda terkesan di mata mereka.

Sticky konten berguna untuk tingkatkan keuntungan dengan ‘menempelkan’ penganut merek Anda ke segalanya dimulai dari penyempurnaan e-mail sampai kampanye sosial media Anda . Maka, bagaimanakah cara membuat iklan Anda lebih lekat dengan audience?

Maka Apa Sebetulnya Sticky Konten Itu?

Sticky konten ialah content yang dipublikasi di website yang bisa mengundang perhatian seorang dan membuat mereka habiskan semakin banyak waktu di situ. Sticky konten berkualitas dapat membuat pembaca kembali lagi ke situs itu tiap hari. Misalkan, bila Anda seorang pencinta tehnologi, TechCrunch kemungkinan sebagai situs harian yang baik untuk Anda.

Di dunia usaha kekinian, sticky konten jadi content di website yang terbanyak mengundang perhatian konsumen setia Anda. Misalkan, Anda kemungkinan mempunyai artikel website yang memperoleh banyak traffic atau video yang kemungkinan berperan secara baik. Penting untuk memerhatikan komponen-komponen yang membuat beberapa orang tiba ke website itu.

Panduan dalam Membuat Sticky Konten

Berikut beberapa panduan membuat sticky konten.

1. Integratifkan Media Sosial

Bagaimana client prospektif bisa mendapati content dan turut serta dengan merek Anda bila mereka tidak paham kehadiran merek Anda? Dengan mempunyai sosial media bisa menolong Anda untuk tersambung dengan audience yang bertambah luas, client, dan akan mendapatkan semakin banyak kesempatan. Itu membuat content Anda lebih gampang untuk dibagi hingga dapat tingkatkan visibility merek Anda.

2. Lihat Design Situs

Taktik content yang luar biasa bisa mengikutsertakan apa, dimulai dari video, podcast, sampai artikel memiliki durasi panjang. Namun, harus diingat jika untuk menyiapkan content yang informatif dan berkualitas yang dimaksimalkan untuk mesin penelusuran, dorong traffic dan rangking dengan tehnik SEO.

3. Pakai Kalimat Ajakan untuk Melakukan tindakan

Salah satunya komponen paling penting yang diperlukan usaha apa saja untuk menggerakkan content ini ialah pesan “ajakan melakukan tindakan” atau Call To Action (CTA). Walau arah Anda untuk memberitahukan dan mengikutsertakan pembaca, Anda pun perlu menggerakkan mereka untuk ambil perlakuan yang bakal mengganti mereka jadi prospect atau konsumen setia yang siap bayar. Yakinkan Anda memakai kalimat yang kuat dalam CTA Anda untuk memperoleh click seperti “Cari info caranya…”, “Ambil saat ini”, atau “Coba gratis”.

Bagaimana Langkah Membuat Sticky Konten?

Bila ingin membuat sticky konten, Anda dapat memakai formulasi ‘SUCCES’ supaya bisa mengoptimalkan content yang betul-betul ‘melekat’. Ini sebuah anagram kecil yang pintar untuk tiap elemen kunci sebagai berikut:

Sederhana

Menurut ahli marketing digital Neil Patel, pemakai internet biasa cuman membaca sekitaran 20% dari kalimat di halaman situs. Mereka umumnya cuman scan artikel, tapi penulisan yang sulit membuat proses ini jadi susah. Bila pengunjung tidak bisa mendapati arti dalam posting Anda, mereka tidak meneruskannya.

Bikinlah sticky konten yang pendek dan simpel. Content ini secara cerdik dan efisien memadatkan beberapa ide yang kompleks dan bermacam jadi satu ide yang gampang dimengerti. Ini melebihi “elevator pitch” tradisionil, di mana Anda mempunyai waktu 30 detik untuk jual produk atau service. Content yang menempel di hati audience otomatis dapat jual produk Anda cuman dengan 1 frasa yang memikat, singkat, dan gampang dikenang.

Bila produk atau service Anda benar-benar tehnis dan sulit, content ini benar-benar berkaitan. Memang betul jika kadang white paper yang dicatat oleh beberapa pakar untuk beberapa pakar mempunyai tempatnya sendiri. Tetapi, pada akhirannya, content di website Anda diperuntukkan untuk customer biasa. Rerata customer tidak punyai waktu atau kemauan untuk melalui kalimat yang kompleks. Apa lagi pemakaian slogan yang terlalu berlebih.

Slogan, pada realitanya, ialah lawan bebuyutan dari sticky konten. Kita mengambil contoh bila Anda membuat jeans. Kemungkinan betul jika Anda memakai proses pembikinan 10 cara dan memberi warna jeans Anda dalam tong kayu ek yang dibikin dari kayu pohon berumur beberapa ribu tahun yang cuman diketemukan di lereng gunung berapi purba. Tetapi, betapapun mengagumkannya bukti ini, semua calon konsumen jeans Anda ingin ketahui apa mereka akan kelihatan seksi atau mungkin tidak saat mengenakannya. Hanya itu.

Unexpected

Sebuah artikel dengan judul “10 Hal yang Harus Anda Kenali Mengenai Jeans Kami” tidak betul-betul akan membuat Anda kaget dan ingin tahu saat membacanyaa. Tetapi, sebuah artikel dengan judul “Berikut 10 Argumen Kenapa Anda Harus Masuk ke Celana Kami” mungkin dapat tarik perhatian audience. Juga bisa memakai judul semacam ini: “Tidak boleh Baca Ini Bila Anda Senang dengan Performa Anda Saat Menggunakan Jeans”.

Content yang luar biasa jadi ‘lengket’ saat melawan keinginan dan pengetahuan konservatif. Content semacam ini akan membuat konsumen setia untuk selalu membaca karena mereka ingin mendapati jawaban atas pertanyaan yang dibikin awalnya.

Concrete

Ini cukup berlawanan dengan dasar content tradisionil. Banyak ahli yang memberitahukan untuk konsentrasi pada faedah, bukan feature. Di lain sisi, sticky konten ialah memperlihatkan hal yang apa yang ada. Content ini berisikan mengenai beberapa hal dan contoh, bukan gagasan dan statistik.

Content yang menempel kuat seharusnya dicatat dengan tidak memakai bahasa yang berbelit. Tidak boleh memakai kalimat metafora dan slogan. Realitanya, banyak antara customer yang tidak sukai dengan pemakaian slogan.

Credible

Content yang mengagumkan menjadi sangat dapat dipercaya. Ini disokong oleh rekomendasi sumber external yang jelas sudah, dicatat secara baik dan logis. Pembahasan dari konsumen setia jadi sumber integritas yang baik, jadi pakailah tanpa sangsi. Beberapa orang menyenangi program cashback dan periode eksperimen gratis. Bukan hanya hanya itu, langkah yang mengagumkan untuk menarik orang untuk coba produk Anda, kedatangan konsumen setia menambah sebagian besar integritas ke content punya Anda.

Emosional

Sebagai manusia, kita banyak memiliki penggerak emosi dasar-hawa gairah, keserakahan, dan ketakutan. Sticky konten bisa sentuh satu atau semua emosi ini. Ini bisa sentuh jauh di lubuk hati hingga secara tidak sadar gerakkan kita. Sticky konten bisa menarik semua tipe emosi hingga membuat kita lebih mempunyai rasa, dan yang lebih bernilai, membuat kita perduli.

Orang umumnya cuman perduli dengan diri sendiri . Maka, content yang bisa manfaatkan keadaan ini akan jadi juaranya. Sticky konten memiliki sifat aspiratif dengan memperlihatkan ke beberapa orang langkah capai lokasi yang mereka harapkan. Ini membuat mereka yakin jika mereka menjadi siapa saja yang mereka harapkan.

John Caples, salah satunya copywriter terpopuler dan terbaik selama hidup, berbicara, “Pertama dan paling penting, coba untuk masukkan kebutuhan individual ke tiap judul yang Anda catat.” Ini tuduhan yang sedikit memperberat pada karakter manusia, tetapi akan sukses secara baik . Maka, mari kerjakan.

Story

Beberapa orang cuman menyenangi narasi yang baik. Sticky konten kerap kali dibikin dalam pola narasi dengan plot simpel yang bisa kita sambungkan. Sebuah gambar kemungkinan berharga seribu kata, tapi narasi seribu kata menaklukkan beberapa ribu statistik . Maka, katakan cerita seorang yang menggunakan celana jeans bikinan Anda yang dibelinya semenjak 15 tahun kemarin. Hari selanjutnya, ia mendapatkan tugas baru dan itu jadi jeans keberuntungannya semenjak waktu itu. Itu dapat narasi yang pantas untuk dikenang. Sebuah narasi yang ‘lengket’ di pemikiran seorang.

Kenapa Sticky Konten Itu Benar-benar Penting?

Lima belas detik. Itu lebih dari setengah waktu pertama kali yang dihabiskan pengunjung situs Anda untuk menyaksikannya. Dalam seperempat menit yang bernilai itu, mereka akan membuat keputusan penting apa akan meneruskan membaca atau mungkin tidak. Oleh karenanya, mustahil untuk membesar-besarkan keutamaan mempunyai content yang berkualitas, bisa dibagi, dan informatif. Anda harus membuat orang selekasnya kembali untuk membacanya.

Sticky konten tingkatkan tingkat alterasi Anda dan kurangi ongkos untuk menarik traffic ke situs Anda.

Sticky konten itu menarik sekalian mengagetkan. Content ini menghidupkan rasa ingin ketahui konsumen setia dan kemungkinan melewati keinginan mereka. Content yang memikat bisa melawan pakta. Contoh klasiknya ialah memakai judul yang provokatif.

By arief