Berikut Ini Daftar Makanan yang Baik untuk Memenuhi Kebutuhan Energi Anak

Parenting

Anak membutuhkan energi yang cukup agar mereka dapat beraktivitas sehari-hari dengan maksimal. Kebutuhan energi anak dalam hal ini berkaitan dengan kecukupan nutrisi yang mereka dapatkan dari makanan-makanan yang mereka konsumsi sehari-hari.

Oleh karena itu, agar anak dapat memiliki asupan nutrisi yang baik dan memiliki energi yang mereka butuhkan untuk beraktivitas sehari-hari, mereka membutuhkan makanan dan minuman yang baik. Sebagai rekomendasi, berikut daftar makanan dan minuman yang bisa Anda coba berikan untuk konsumsi mereka sehari-hari.

  1. Buah Pisang

Merupakan sumber gula alami, pisang dikenal sebagai buah yang dapat memberikan energi secara cepat untuk memulihkan tenaga anak setelah mereka melakukan aktivitas berat seperti olahraga misalnya. Pisang memiliki kandungan nutrisi yang cukup kaya. Terdapat karbohidrat kompleks, protein, asam amino, vitamin B, dan magnesium di dalam buah yang satu ini.

Kandungan nutrisi tersebut dapat menunjang kebutuhan kalori anak setelah mereka melakukan kegiatan yang aktif. Itu juga sebabnya mengapa banyak atlit yang mengonsumsi buah pisang setelah latihan atau berolahraga.

  1. Aneka Jenis Kacang-Kacangan

Makanan yang kedua adalah aneka jenis kacang-kacangan. Makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang kaya yang terdiri dari vitamin B, protein, dan serat. Selain itu, kacang juga mengandung mineral antioksidan yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Dengan kandungan nutrisinya ini, kacang tidak hanya dapat memberikan energi yang cukup untuk anak-anak. Kacang juga dapat menjadi makanan yang cocok sebagai camilan sehat untuk mereka konsumsi sehari-hari.

  1. Ubi

Ubi dapat dijadikan camilan sehat berikutnya. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam ubi adalah Magnesium, Vitamin C, dan Zat Besi yang berperan untuk meningkatkan energi di dalam tubuh. Sebagai camilan, ubi juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Dalam hal ini terdapat dua cara dalam penyajian ubi, yakni gurih dan manis. Dalam cara yang pertama, ubi direbus atau digoreng kemudian dicampur dengan tumis bawang. Kemudian pada cara yang kedua, ubi direbus kemudian ditaburi susu atau madu di atasnya.

  1. Madu

Sebagai minuman yang bergizi, mengonsumsi madu dapat dilakukan dengan cara diminum langsung, bisa satu atau dua sendok per hari. Atau dilarutkan ke dalam air hangat dan diminum setiap pagi. Madu memiliki kandungan nutrisi berupa Karbohidrat dan Glikogen yang kaya. Nutrisi ini dapat memberikan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, atau untuk memulihkan tenaga setelah berolahraga.

  1. Susu

Siapa yang tidak tahu jenis minuman ini. Susu adalah sumber gizi yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan energi anak. Kandungan kalsium yang terdapat dalam susu dibutuhkan dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi.

Demikianlah sumber gizi yang baik untuk anak. Selain itu, untuk membantu memenuhi kebutuhan energi anak, Anda juga bisa memberikan segelas MILO 3in1 sebagai sumber yang baik untuk mencukupi kebutuhan energi mereka.