Madu menjadi satu diantara suplemen yang sangat banyak dimakan karena manfaatnya. Akan tetapi, antara banyak macam madu yang diketahui pada umumnya, masihlah banyak orang yang tidak jelas, kalau madu yaman yaitu madu terhebat dan paling mahal di dunia. Madu type ini mempunyai model yang bermacam, pun banyak manfaat.  Khasiat Madu Yaman Sidr

Peternak madu type ini masih memanfaatkan beberapa cara tradisionil dalam pengambilannya. Terkecuali itu, madu tipe Yaman ini ada di dalam wilayah pegunungan masih alami dengan medan yang cukup sukar gapaiannya. Berikut di bawah ini beberapa model madu yaman dan gunanya yang termashyur:

1. Madu Sidr
Madu Sidr tergolong dalam type madu yang termahal di dunia. Ini menurut studi dari ahli lebah Beekeeping Gatton University Australia, Dr Mochamad Chandra Widjaja. Madu Sidr mempunyai harga yang spektakuler disebabkan madu macam ini cuma dibuat pada tempo kedua kalinya dalam 1 tahun.
Madu model sidr ini punya banyak tipe. Di Indonesia sendiri, madu sidr yang makin banyak diketahui adalah sidr baghiyah/ bughyah. Madu sidr baghiyah ini sendiri diklasifikasi jadi empat. Pertama, yakni macam madu sidr fakhir. Madu ini asal dari sidr liar yang diperoleh dari gua-gua pada lembah daw’an. Madu sidr fakhir ini, termasuk kelas paling tinggi dari semua tipe madu sidr Yaman.

Lalu tipe madu sidr ke-2 yaitu sidr malaki. Madu sidr malaki asal dari madu ternak. Didapat di panen paling akhir pada musim madu ternak. Madu type ini lebih jernih ketimbang madu lainnya. Disamping itu, wewangiannya lebih wangi dibandingkan dengan madu sidr kelas bawahnya.
Tipe ke-3 yaitu madu sidr grade 1. Punya warna yang sedikit gelap dibanding dengan madu sidr malaki. Tetapi, apabila diawasi dari rasanya, ke-2 nya selintas tidak ada perbedaannya. Madu model ini diambil pada musim ke-2 dari panen madu sidr kebanyakan.
Macam madu sidr yang paling akhir ialah madu sidr grade 2. Tidak sama dengan grade 1, madu di grade 2 ini diambil pada musim pertama dari panen madu sidr. Di panennya, ada pada musim mara’i maka dari itu ada peluang bergabung dengan lebah penyedot pohon sidr ataupun pohon syaisabanah (mara’i). Maka dikelompokkan jadi grade terendah dalam jenjang macam madu sidr.

2. Madu Sumroh
Madu Sumroh disebutkan dengan juga panggilan sumur/sumar/sumrah. Madu type ini datang dari wadi du’an yang menarik nektar dari pohon sumrah, oleh karenanya diberi nama begitu. Punyai warna yang sangat pekat antara tipe madu yang lain, madu ini punyai rasa yang kuat.spanduk consideration promotion bg blue
Madu macam ini dikategorisasi jadi dua type. Pertama, sumroh fakir. Madu sumroh fakir punyai warna lebih jelas ketimbang dengan gradi di bawahnya. Teksturnya lebih kental dan tidak kurang manis dari madu sumroh macam ternak. Sementara yang ke-2 ialah madu sumroh biasa atau ternak. Berlainan dengan sumroh fakir, madu model ini punya warna sangatlah gelap dengan rasa yang manis pekat. Struktur yang dipunyai nya pula tidak demikian kental.

3. Madu Mara’i
Madu model ini asal dari nektar pohon yang memiliki nama saisabanah. Rata-rata disantap penduduk Yaman pada makanan tiap hari mereka. Madu Mara’i dikelompokkan dalam dua tipe, adalah mara’i fakhir dan marai ternak.

4. Madu Marba’i
Madu model ini juga di kenal dengan sidr Shoify yang mempunyai arti musim panas. Madu tipe marba’i ini langka. Masalah ini karena di saat musim panas di bulan ke-enam.Madu tipe ini mempunyai rasa yang unik.spanduk decision halal bebas pengawet kelompok mie bg lime greenYaitu kesan seperti rasa ada kegosong-gosongannya dengan warna yang sedikit gelap. Struktur madu marba’i ini benar-benar kental. Walau termasuk jarang, rupanya madu ini memiliki pencinta.

Tersebut beberapa model madu yaman dan kemanfaatannya yang terkemuka dan dapat dimakan secara teratur supaya badan selalu sehat dan sehat. Selamat mempraktikkan!