Kondensor uap merupakan sebuah wadah tertutup memuat uap yang dikondensasikan (diembunkan) bersama dengan langkah mengabstraksi (memisahkan) panas. Abstraksi dilakukan bersama dengan langkah mendinginkan uap tersebut bersama dengan air dan menjaga tekanan sehingga tetap berada di bawah tekanan atmosfer.
Uap yang sudah terkondensasi dikenal sebagai kondensat. Pada sektor pembangkit listrik tenaga uap moderen, kondensor uap adalah komponen penting dikarenakan bisa menaikkan efisiensi.

Bagian Utama Kondensor Uap

Bagian-bagian penting dari kondensor uap seperti yang ditunjukkan terhadap gambar di atas, yaitu:

1. Kondensor; Kondensor adalah wadah tertutup daerah uap dikondensasikan. Selama proses kondensasi, uap memberi tambahan daya panas ke pendingin (air).

2. Pompa Kondensat; Pompa kondesat berguna untuk menyingkirkan kondensat (uap yang terkondensasi) dari kondensor ke sumur panas.
3. Sumur Panas; Pompa yang berada di pada kondensor dan ketel, berguna untuk terima kondensat yang dipompa oleh pompa kondensat.

4. Pompa Umpan Ketel; Pompa umpan ketel memompa kondensat dari sumur panas ke ketel. Proses Ini dilakukan bersama dengan menaikkan tekanan kondensat di atas tekanan ketel.

5. Pompa Ekstraksi Udara; Pompa ekstraksi udara berguna untuk mengekstrak (menghilangkan) udara dari kondensor.

6. Menara pendingin; Menara pendingin adalah menara yang digunakan untuk mendinginkan air yang dikeluarkan dari kondensor.

7. Pompa Air Pendingin; Pompa air pendingin berguna untuk mensirkulasikan air pendingin melalui kondensor.

 

Cara Kerja Kondensor Uap

Kondensor uap terima uap bekas dari keliru satu ujung lantas bersentuhan bersama dengan air pendingin yang mengalir dari menara pendingin. Saat uap bertekanan rendah bersentuhan bersama dengan air pendingin, uap tersebut dapat mengembun dan beralih menjadi air dengan menggunakan Flow Meter SHM. Lalu, air tersebut dapat melekat terhadap pompa ekstraksi udara dan pompa ekstraksi kondensasi.

Setelah pengembunan uap, kondensat dipompa ke sumur panas bersama dengan pemberian pompa ekstraksi kondensat. Pompa ekstraksi udara mengeluarkan udara dari kondensor dan menghasilkan area hampa di dalamnya. Ruang hampa yang dihasilkan dapat menunjang sirkulasi air pendingin dan aliran kondensat.

By toha