Langkah Awal Untuk Memulai Belajar Pemrograman Web

Jika Anda memiliki keinginan untuk belajar dan berkembang, tidak perlu malu menjadi orang awam di bidang jaringan.

Tuntutan industri serba online membuat kita berlomba-lomba dalam mempelajari bahasa pemrograman, khususnya internet, sehingga banyak orang bermimpi memiliki keindahan startup besar berlevel unicorn seperti Tokopedia dan GoJek dan terjun langsung ke jurang coding. Sangat mudah bahkan untuk memimpikan seorang investor yang akan bergabung dengan startup yang kami buat.

Untuk mulai terjun ke dunia pemrograman, mulailah dengan dasar-dasarnya. Karena jika kamu langsung melompat ke chapter yang dalam, kamu takut akan berhenti di tengah jalan. Ini mungkin terjadi ketika mereka menghadapi masalah yang sulit, tetapi karena mereka tidak memahami dasar-dasarnya, mereka takut untuk terus belajar.

Jadi kami menangkap gambar di otak, apa itu encoding. Ya intinya bahasa jawa itu ojo grasa grusu ben ora kliru ya..

Belajar Salah Satu Bahasa

Setelah memahami kata pemrograman, kita semakin menyadari bahwa ada banyak bahasa pengkodean, tetapi diterapkan dengan cara yang sama. Hanya saja masing-masing bahasa pengkodean memiliki kelebihan dan kekurangan saat membuat aplikasi atau halaman web.

Oleh karena itu, sebagai developer yang baru saja melangkah ke dalamnya, kita harus memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan dunia industri saat ini. Tidak apa-apa untuk mempelajari semuanya, tetapi yang terpenting adalah menguasai bahasa.

Temukan Bahan Yang Dibutuhkan

Apakah Anda tahu pengkodean? Ingin membuat situs web? Kumpulkan bahan terlebih dahulu. Ketika Anda ingin memasak sesuatu, tidak ada bahan.

Ada banyak sekali bahan yang dibutuhkan sebelum membuat sebuah halaman web, dan Anda bisa memilih sesuka hati, seperti HTML, CSS, PHP, MSQL, JavaScript, dll. Anda harus mempelajarinya. Jika semuanya dijelaskan dengan jelas, itu tidak akan ada habisnya. Artinya masih banyak yang harus dipelajari, kan? Ya itu betul! Kembali ke niat dan tujuan awal yang terpendam jauh di lubuk hatiku.

Buatlah Program Sederhana

Materi sudah siap, saatnya mulai menyapa dunia dengan baris kode Anda “Halo Budi, Halo Intan, Halo Sinta”, dll.

Apa yang harus saya lakukan jika saya bingung? Buat profil Anda dalam satu baris kode yang dapat ditampilkan. Buatlah semenarik mungkin.

Jalinlah Networking

Sebagai seorang programmer, laptop selalu menjadi teman setia. Ya, itu saja, saya sudah lajang, dan suasana hati saya semakin buruk. Halo… Jika menurut Anda masih banyak hal yang belum Anda pahami, mohon jangan lakukan semuanya sendiri, sembunyikan masalahnya, atau hadapi sendiri kesalahannya.

Mulailah berjejaring, seperti melalui komunitas atau forum media sosial terkenal, dan sering-seringlah bertanya tentang pemrograman website yang siap membantu Anda menemukan jalan keluar saat Anda melakukan kesalahan. Dengan cara ini kita dapat memecahkan masalah yang sedang terjadi dan mengembangkan pengetahuan dengan informasi terbaru.

Sumber : https://majapahit.id/