Jasa Penulisan ArtikelPerbedaan antara SEO dan SEM hanyalah bahwa SEO adalah tentang mengoptimalkan situs web Anda untuk posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian organik sementara SEM melampaui SEO. Ini melibatkan metode yang dapat membantu Anda mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari seperti kampanye iklan PPC. Kedua proses tersebut bertujuan untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari.

 

Pada artikel ini saya akan menjelaskan perbedaan antara SEO dan SEM, keduanya proses untuk mencapai puncak mesin pencari dan terutama Google.

 

Seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini. kita secara grafis akan melihat perbedaan antara SEO dan SEM.

 

SEO vs SEM

 

Halaman hasil dari mesin pencari biasa (SERP) mencakup dua jenis hasil. Yang pertama untuk hasil pencarian berbayar dan yang kedua untuk hasil pencarian organik.

 

Hasil berbayar sering dilambangkan dengan huruf ‘AD’ (dan terkadang dalam warna berbeda) untuk membantu pengguna membedakannya dari hasil organik. Mereka muncul di bagian atas dan bawah hasil pencarian organik.

 

Agar situs web Anda muncul di bagian atas ‘hasil pencarian berbayar’, Anda harus menggunakan iklan PPC (bayar per klik) untuk menawar dan memenangkan posisi teratas.

 

Anda dapat melakukan ini melalui berbagai platform PPC yang ditawarkan mesin pencari kepada pengiklan.

 

Misalnya, Google Ads adalah alat periklanan Google, Microsoft Advertising adalah platform periklanan Bing. Sekarang, masing-masing mesin pencari ini memiliki alatnya sendiri.

 

Agar situs web Anda muncul di bagian atas hasil organik, Anda harus menggunakan praktik SEO yang baik. Singkatnya, ini berarti, memiliki situs web yang ramah SEO dan menerbitkan konten yang memenuhi niat pengguna untuk istilah pencarian tertentu.

 

Kedua proses (SEO dan SEM) membentuk apa yang umumnya dikenal dalam pemasaran digital, sebagai Search Engine Optimization atau Pemasaran Mesin Pencari. Mari kita periksa SEO dan SEM lebih detail untuk memahami cara kerjanya.

By Deric