Bawang merah adalah salah satu diantara banyaknya penyedap rasa makanan yang hampir selalu hadir di setiap masakan Indonesia sehingga setiap dapur pasti memiliki penyedap rasa yang satu ini. Tanpa bawang merah, kebanyakan masakan Indonesia akan terasa hambar karena bawang merah dapat menambah rasa dan aroma pada masakan.

Mulai dari penyedap rasa pada nasi goreng, bumbu ikan patin, hingga sambal, semuanya menggunakan bawang merah ini. Tak hanya untuk penyedap rasa masakan, ternyata bawang merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Pola Makan Rasulullah merupakan buku yang menegaskan bahwa sejak dulu bawang merah memiliki banyak manfaat diantaranya adalah menguatkan tubuh dan menambah nafsu makan.

Selain untuk penyedap rasa masakan dan penambah nafsu makan, ternyata kandungan nutrisi dalam bawang merah juga memiliki manfaat untuk tubuh kita lho. Apa saja ya kira-kira manfaatnya? Simak pembahasan berikut ini sampai selesai ya.

Gambar bawang merah

  • Mengobati maag

Buku berjudul Bawang Merah yang merupakan karya dari Nur Berlian V A dan Estu Rahayu menegaskan bahwa mengonsumsi bawang merah bisa menjadi obat maag secara alami. Kamu hanya perlu mencuci dan mengupasnya lalu bisa langsung dimakan mentah-mentah. Jika kamu berpikir rasanya kurang enak, maka kamu bisa mengombinasikan bawang merah ini dengan makanan sehat dan lezat yang lain.

  • Menurunkan demam

Memiliki demam tentu saja sangat tidak nyaman ya. Terkadang saat suhu dingin tubuh kita malah panas. Begitu juga saat suhu panas, tubuh kita malah kedinginan. Bagi kamu yang sedang mengalami demam, kamu dapat mengatasinya dengan cara mengonsumsi bawang merah ini. Kamu hanya perlu mencampurkannya dengan minyak kelapa dan sedikit asam kemudian balurkan ke seluruh tubuh kamu secara merata. Lebih khusus lagi pada bagian perut dan punggung agar badan kita terasa lebih hangat.

  • Melancarkan pernapasan

Pernapasan bisa tersumbat karena adanya lendir pada tenggorokan. Bagi kamu yang merasa berat ketika bernapas, kamu dapat mengatasinya dengan bawang merah. Kamu hanya perlu memakannya mentah-mentah ataupun dibuat menjadi penyedap rasa dari makanan sehat lain dan efeknya tubuh kamu terasa lebih hangat dan pernapasan pun akan lebih lancar.

  • Mengatasi masuk angin

Selain mengobati maag, menurunkan demam, dan melancarkan pernapasan, bawang merah juga bermanfaat untuk mengatasi masuk angin lho. Kamu hanya perlu memotong bawang merah lalu campurkan dengan sedikit minyak kelapa, kemudian gosokkan campuran tersebut ke punggung kamu hingga kulit kamu berwarna kemerahan.

  • Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang berlebihan tentunya tidak baik untuk tubuh kita. Tetapi, kita bisa mengontrol kolesterol kita dengan mengonsumsi bawang merah. Kadar kolesterol pun akan berkurang karena bawang merah bisa memperlancar mobilisasi dan menghindari hambatan seperti penumpukan.

Nah, jika kamu masih bingung untuk mencari dan membeli bawang merah ini, kamu dapat membelinya di TaniHub. TaniHub adalah platform tempat belanja buah dan sayur terbaik. Buah dan sayur yang dijual di TaniHub selalu memiliki kualitas produk segar dan terbaik yang diambil langsung dari petani Indonesia. Pengantarannya juga cepat, hari ini pesan, besok sudah sampai depan pintu rumah. TaniHub juga memiliki beberapa metode pembayaran yang memudahkan kita semua. Jika produk tidak sesuai, maka produk tersebut akan diganti demi kepuasan pelanggan. Dan ada banyak promo-promo yang hadir setiap minggunya. Jadi tunggu apalagi, ayo beli buah dan sayur di TaniHub!  

 

By Drajad