5 Kandungan Susu Penambah Berat Badan untuk Anak

Parenting

Anak yang memiliki berat badan pas sesuai dengan usianya merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Apalagi anak terlihat menggemaskan. Ada beberapa cara untuk menambahkan berat badan. Salah satunya adalah pemberian susu. Pasalnya susu-susu penambah berat badan memiliki kandungan yang lebih bila dibandingkan dengan susu lainnya. Berikut ini informasi lengkapnya tentang kandungan susu penambah berat badan untuk anak.

1.             Omega 6

Omega 6 memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain membantu perkembangan otak, omega 6 juga bisa membantu penambahan berat badan anak. Hal ini dikarenakan ada jenis omega 6 yakni Arachidonic acid (AA) yang ada di dalam susu penambah berat badan bekerja dengan cara meningkatkan massa lemak sehat dalam tubuh.

Pentingnya omega 6 yang ada di dalam susu, membuat Kementerian Kesehatan menetapkan takaran asupan omega 6 yang harus dikonsumsi perhari yakni 7 sampai 12 gram untuk anak usia 1 hingga 12 tahun. Oleh karena itu, penambahan susu untuk anak sangat diperbolehkan terutama anak yang cenderung kekurangan gizi.

2.             Protein

Selain omega 6, kandungan protein juga harus ada di dalam susu penambah berat badan. Pasalnya, protein dapat meningkatkan massa otot dan kekuatan otot. Salah satu cara agar berat badan bertambah dengan menaikkan massa otot. Jika massa otot bertambah, maka massa tubuh pun ikut bertambah. Oleh karena itu, keberadaan kandungan protein juga menentukan.

Kementerian Kesehatan juga menetapkan bahwasanya protein yang dibutuhkan anak usia 1 hingga 12 tahun ada 20 hingga 50 gram. Dengan begitu, menambahkan susu untuk menaikkan berat badan menjadi salah satu solusi. Namun, jangan lupa untuk memberikan asupan protein dari sumber lain untuk memenuhi protein harian anak.

3.             Karbohidrat

Kandungan lain yang tak kalah pentingnya dalam susu penambah berat badan untuk anak adalah karbohidrat. Karbohidrat berperan dengan memberikan kalori pada gizi harian. Karbohidrat yang dikonsumsi akan menghasilkan kalori. Jika kalori dalam tubuh meningkat, maka berat badan pun ikut meningkat.

Hal ini dikarenakan kalori yang dihasilkan dari karbohidrat diproduksi dalam jumlah banyak bahkan bisa melebihi dari jumlah yang dibutuhkan, secara tubuh akan menyimpan kalori dalam bentuk lemak. Anak usia 1 hingga 12 tahun, membutuhkan sebanyak 215 sampai 300 gram setiap hari untuk memenuhi asupan karbohidrat.

4.             Mineral

Kandungan mineral dalam susu penambah berat badan memiliki jenis yang beragam. Misalnya klorida, tembaga, zat besi, kromium, fosfor, kalsium dan lain sebagainya. Fungsi utama mineral ini dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh dapat terlindungi dengan baik. Selain itu, mineral juga membantu dalam proses penyerapan vitamin. Jumlah mineral dalam susu ini biasanya lebih banyak dari susu biasanya.

5.             Vitamin

Vitamin juga diperlukan untuk membantu proses penambahan berat badan. Ada berbagai macam jenis vitamin, salah satunya adalah vitamin D3. Peran dari vitamin ini biasanya membantu proses pertumbuhan tulang. Apabila massa tulang bertambah, massa tubuh pun turut bertambah.

Demikian beberapa informasi mengenai kandungan susu penambah berat badan untuk anak. Jangan lupa untuk mengecek kondisi tubuh anak, ada penambahan atau justru sebaliknya. Apabila kondisi tubuh semakin memburuk dan terjadi efek samping, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter dan mengganti produk.