5 Alasan Nafsu Makan Anak Turun Dan Cara Mengatasinya

Parenting

Melihat anak memiliki nafsu makan yang tinggi merupakan idaman setiap ibu – ibu. Hal ini dikarenakan dengan konsumsi makan yang banyak maka anak akan memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang baik dalam menghadapi berbagai kegiatan harian mereka. Variasi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak akan membantu anak untuk siap menghadapi hari mereka. Sehingga penting bagi anak untuk selalu konsumsi makanan sehat dan bernutrisi setiap harinya.

Namun, ada momen dimana anak akan sulit mengonsumsi makanan yang dibuatkan untuk mereka. Kondisi ini disebabkan oleh kondisi fisik anak yang sedang tidak memungkinkan mereka mengonsumsi makanan. Berikut ini merupakan beberapa kondisi anak yang dapat menyebabkan anak sulit mengonsumsi makanan :

  1. Tubuh anak sedang Lelah sehingga nafsu makan berkurang
  2. Kekurangan suatu asupan nutrisi seperti vitamin B kompleks
  3. Anak bosan dengan variasi menu makanan yang disajikan
  4. Ada masalah dengan sistem saluran pencernaan anak yakni diare maupun sembelit
  5. Anak sedang sakit

Lima alasan diatas menjadi alasan anak malas mengkonsumsi makanannya. Khusus untuk kondisi khusus seperti sakit, ada baiknya memeriksakan anak ke dokter secepatnya. Ada beragam Cara mengatasi anak susah makan yang dapat dilakukan. Namun, salah satu Cara mengatasi anak susah makan yang sukses selalu mengembalikan nafsu makan anak adalah mengonsumsi kreasi makanan terbaru. Berikut merupakan beberapa rekomendasi makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan anak :

  1. Bento

Salah satu menu makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan anak adalah kreasi bento. Dimana anda bisa memberikan anak anda menu set bento seperti nasi yang berhiaskan karakter favoritnya dengan menu side dish lainnya. Cara mengatasi anak susah makan ini cukup disukai anak – anak. Terlebih jika mengajak anak membuatnya bersama.

  1. Ayam goreng tepung

Cara mengatasi anak susah makan lainnya adalah dengan menggoreng ayam tepung. Anda bisa menggunakan ayam fillet sebagai bahan bakunya. Selanjutnya anda tepung ayam fillet dengan bumbu ayam crispy. Aroma ayam yang digoreng dna masih hangat akan menunjang nafsu makan anak. Sehingga dapat mengatasi nafsu makan anak dengan baik.

  1. Pudding jeruk papaya

Bila anak sulit makan, anda bisa berkreasi dengan menu camilannya agar masih masuk kalori ke dalamnya. Anda bisa membuat menu puding jeruk pepaya yang dapat dikonsumsi anak. Dimana pudding ini memiliki bentuk mirip dengan jeruk bali yang terbuat dari jeruk dan pepaya.

  1. Sosis gulung mie

Cara mengatasi anak susah makan lainnya adalah menyajikan menu ini. Siapa yang tidak menyukai menu ini? Rasa umaminya mampu menggugah selera makan dengan baik. Cara pembuatannya pun terbilang mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

  1. Omelette makaroni

Dalam menunjang kebutuhan energinya, anda bisa memberikan kreasi makaroni ini. Cara membuatnya mudah seperti membuat telur dadar. Dimana makanan ini sendiri dibuat dengan mencampurkan makaroni rebus, potongan sayur dan juga telur ke dalam satu mangkuk lalu menggorengnya.