Bacaan Doa Pagi Hari untuk Umat Katolik

Berdoa bagi umat katolik adalah sebuah kewajiban, hal ini adalah untuk membangun hubungan yang baik dan juga penuh iman kepada Yesus. Doa ini bisa Anda baca dimanapun dan kapapun. Salah satu doa pagi katolik yang bisa Anda baca adalah doa sebelum berangkat bekerja. Ini dia beberapa doa yang bisa berdasarkan beberapa sumber:

  • Doa dari buku Puji Syukur

“Allah, Bapa kami, pencipta manusia, alam semesta, dan segala isinya, pagi ini kami bersyukur kepada-Mu atas tidur nyenyak tadi malam dan seluruh perlindungan-Mu di sepanjang hari kemarin. Terima kasih juga karena Engkau telah mengizinkan kami untuk mengambil bagian di dalam karya-Mu untuk mensejahterakan dan membahagiakan umat manusia melalui pekerjaan kami ini.

Sebentar lagi kami akan bekerja, kami mohon bimbingan dan hikmat-Mu di dalam melakukan pekerjaanku hari ini sampai tuntas. Arahkanlah pikiran, perkataan, dan perbuatan kami agar di dalam Engkau sajalah kami memulai dan menyelesaikannya dengan baik, benar, dan tepat. Biarlah nama-Mu saja yang dimuliakan dan kesejahteraan semua orang yang terdampak oleh pekerjaan kami ini.

Bimbinglah agar kami dapat bekerja sama dengan rekan-rekan lainnya dengan semangat, rajin, dan baik, serta senantiasa berlaku jujur. Apabila kami menjumpai kesulitan, tolong bimbing kami untuk tidak kecil hati maupun putus asa dan dapat menemukan jalan keluar terbaik dengan cepat dan tepat. Semua jerih payah yang akan kami jumpai nanti kami persatukan dengan pengorbanan Yesus Kristus, yang hidup bersama Dikau di dalam persatuan Roh Kudus kini dan sepanjang masa. Dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Amin.”

 

  • Doa dari Santo Paus Pius X

“ O Santo Yosef yang Mulia, teladan semua orang yang mengabdikan diri pada pekerjaan, dapatkan bagiku rahmat untuk bekerja dalam semangat penebusan dosa, untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, menempatkan panggilan tugas di atas kecenderungan alamiku; untuk bekerja dengan rasa syukur dan sukacita, menganggapnya sebagai suatu kehormatan, untuk menggunakan dan mengembangkan karunia-karunia yang diterima dari Allah melalui kerja; untuk bekerja dengan ketertiban, kedamaian, moderasi ,dan kesabaran, tidak pernah menyusut dari kelelahan dan pencobaan; untuk bekerja di atas segalanya dengan kemurnian niat dan ketidakmelekatan dari diri sendiri, tidak henti-hentinya menjaga kematian di depan mataku dan catatan yang harus saya berikan tentang waktu yang hilang, bakat yang tidak digunakan, kebaikan yang dihilangkan, dan kepuasan diri yang sia-sia dalam keberhasilan, sangat fatal bagi pekerjaan Tuhan. Semua untuk Yesus, melalui Maria, semua mengikuti teladanmu, O Patriark, Santo Yosef. Demikianlah akan menjadi keyakinanku dalam hidup dan mati. Amin.”

 

  • Doa di pagi hari

“Bapa yang Penuh Kasih, kami bersyukur pada-Mu atas rahmat dan penyertaan-Mu yang masih memberi kami kesempatan untuk bisa bernapas di pagi yang baru ini. Puji syukur juga kami panjatkan atas kesempatan untuk bisa bekerja dan mengambil bagian dalam karya-Mu bagi umat manusia. Kami mohon bimbingan-Mu dalam menyelesaikan pekerjaan kami pada hari ini. Beri kami hikmat dan kebijaksanaan yang datangnya hanya dari-Mu saja. Dampingi kami dan lindungi kami dari yang jahat selama kami bekerja. Biarkan kami dapat menggunakan talenta yang Kau berikan dengan sebaik mungkin dan menjadi berkat bagi sesama kami. Terima kasih ya Bapa, Amin.”

 

  • Doa sebelum bekerja singkat

“ Tuhan Yesus Kristus, sesaat lagi saya akan kembali bekerja. Biar Tuhan yang berikan semangat dan kerajinan untuk bisa menyelesaikan segala pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan dengan baik. Urapi pikiran saya dan berikan saya kekuatan agar apa yang saya kerjakan hari ini bisa membawa kemuliaan bagi nama-Mu saja. Amin.”

By sartika