4 Cara Merawat Perhiasan Emas

Pernahkah Anda memperhatikan perhiasan emas yang Anda kenakan? Cincin emas wanita The Palace Jeweler misalnya, kilau dan modelnya yang elegan namun mahal selalu menjadi daya tarik bagi siapapun yang mengenakannya. 

 

Selain bernilai tinggi, perhiasan emas juga membutuhkan perawatan rutin yang baik guna mempertahankan tampilan dan kualitasnya. Selain itu, nilai jual kembali emas juga akan terus meningkat dan tidak menyusut layaknya aset lain. 

 

Cara Merawat Perhiasan Emas

4 Cara Merawat Perhiasan Emas

Tips seputar merawat emas dengan baik, termasuk prosedur yang tepat dan proses pembersihannya di bawah ini akan memberikan referensi menarik bagi Anda. 

 

Hindari Pembersihan dengan Air Mendidih

 

Salah satu metode pembersihan yang dianjurkan adalah dengan air hangat, bukan air mendidih. Hal ini karena air mendidih akan merusak perhiasan seperti cincin emas wanita terutama di bagian permukaannnya. 

 

Lem, atau campuran logam akan secara otomatis memuai atau terlepas dari lapisan berlian. Untuk membersihkannya, cukup menggunakan air hangat dengan kadar tertentu dan bersihkan perlahan. Di samping itu, hindari membersihkan perhiasan terlalu lama dan cukup beberapa menit saja. 

 

Lepas saat Mandi 

 

Emas pada dasarnya tak akan luntur sekalipun terkena air dalam waktu yang lama. Kendati demikian, kilau emas bisa berkurang jika Anda sering menggunakannya saat mandi terlebih ketika berendam. 

 

Selain air, zat kimia yang ada pada sabun atau sampo yang mengenai emas juga bisa berpengaruh terhadap kilau emas itu sendiri. Meski bisa dibersihkan, namun tampilan emas akan lebih sering dibersihkan. 

 

Termasuk ketika Anda mengenakan make up pada jenis perhiasan selain cincin. Bahan kimia pada make up akan membuatnya mudah menempel dan kotor pada permukaan perhiasan. 

 

Simpan di Tempat yang Kondusif

 

Hal yang tak banyak diperhatikan pengguna adalah menyimpan emas mereka pada tempat yang kondusif, seperti suhu ruang. Hindari pada tepi jendela yang memungkinkan terkena sinar matahari lebih lama. 

 

Selain itu, ada baiknya untuk menyimpan perhiasan berdasarkan jenisnya dan tidak ditumpuk dengan benda lain. Hal ini akan membuat perhiasan Anda mudah tergores dengan benda lainnya yang cenderung keras.

 

Lilitan kalung atau perhiasan seumpama berlian, jika bergesekan akan membuat tampilan perhiasan menjadi semakin buruk. Prioritaskan untuk menyimpan koleksi emas dengan rapi dan tertata. 

 

Gunakan saat Momen Spesial

 

Beberapa orang yang senang dengan tampilan glamor mungkin akan senang menggunakan perhiasan mereka di berbagai aktivitas. Baik itu sehari-hari, terlebih pada acara formal. Ini tak salah, namun, ada baiknya mengenakan perhiasan emas saat momen formal atau spesial saja. 

 

Mengenakannya di momen tertentu akan membuat kepercayaan diri Anda menjadi lebih baik. Selain itu, Anda tak perlu terlalu sering membersihkan perhiasan karena kotoran dan debu yang sering menempel. 

 

Cara merawat cincin emas wanita sebenarnya tak sulit, selama Anda memperhatikan beberapa hal di atas selama pemakaiannya. Selamat mencoba!

By Drajad