Teknologi pengolahan limbah cerdas telah banyak membantu berbagai sektor industri.

Berikut beberapa contoh metode pengolahan limbah padat, kotoran, dan limbah baterai mobil listrik:

  • Maximum Yield Technology (MYT)

Teknologi MYT merupakan salah satu contoh teknologi pengolahan limbah padat yang diperkenalkan beberapa tahun lalu. Menjawab tantangan dengan jumlah sampah tidak terpilah yang semakin meningkat.

Hasilnya berupa bahan bakar alternatif untuk digunakan sebagai pengganti bahan bakar fosil.

  • Bioleaching

Bioleaching merupakan metode pengolahan limbah baterai mobil listrik yang banyak digunakan dalam industri pertambangan. Metode ini bekerja dengan menggunakan mikroba yang dapat mengoksidasi logam.

Menariknya, bioleaching tidak membutuhkan banyak energi dan menyisakan jejak karbon yang jauh lebih kecil. Artinya, teknik bioleaching tidak akan banyak menghasilkan polusi.

Terlebih lagi, saat digabungkan dengan metode elektrokimia, bioleaching mampu memulihkan logam mulia.

  • Digester

Digester merupakan teknologi pengolahan limbah peternakan.

Berkat digester, para peternak sapi terbantu karena kotoran sapinya berubah menjadi sesuatu yang sangat berguna. Digester membantu mengubah kotoran sapi menjadi energi bermanfaat seperti biogas, pupuk, dan kompos.

Tidak hanya kotoran sapi, tapi biogas yang dihasilkan digester juga bisa berasal dari sisa makanan. Caranya dengan memecah bakteri dari bahan organik tersebut dalam sebuah di dalam ruang tertutup tanpa oksigen.

Proses ini biasa disebut pencernaan anaerobik atau anaerobic digestion.

Ketiga metode tersebut merupakan bukti bagaimana teknologi pengolahan limbah masih terus dikembangkan. Jika Anda termasuk orang yang peduli lingkungan pandailah memilih dan mengolah sampah Anda sendiri.

Sumber: Jasa pembuatan website

By dzail