Untuk kamu yang tertarik sama topik atau ingin belajar pengetahuan psikologi, tidak terbatas dari buku atau kelas saja loh. Bila kamu type yang lebih sukai belajar lewat visual langkah ini bisa saja pas buat kamu kerjakan. Yups! Yakni dengan melihat film berjenis psikologi di Netflix, Disney Plus, HBO, atau di bioskop.

10 Referensi Film Psikologi Terbaik, Media Belajar Psikologi Asyik!

Selainnya untuk refreshing, melihat sinema bisa juga menambahkan wacanamu mengenai dunia psikologi. Nach, beberapa film psikologi terbaik ini dapat kamu menjadikan rekomendasi untuk belajar sektor pengetahuan ini, yok baca tujuh rekomedasi film berikut!

Table of Contents

– 1. Split (2016)
– 2. Identity (2003)
– 3. Kim Ji-Young: Born 1982 (2018)
– 4. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)
– 5. Still Alice (2014)
– 6. Matchstick Men (2003)
– 7. Inside Out (2015)
– 8. A Beautiful Mind (2001)
– 9. Three Identical Stranger (2018)
– 10. Good Will Hunting (1997)

1. Split (2016)

Sumber: IMDB.Judul satu ini dapat menjadi salah satunya film psikologi personalitas double yang harus kamu saksikan nih! Film ini menceritakan mengenai Kevin Wendell Crumb yang menanggung derita masalah psikis Dissociative Identity Disorder (DID). Karena penyakit yang dialaminya, Kevin hidup bersama ke-23 personalitas lain dalam badannya. Ke-24 personalitas yang hidup bertepatan itu punyai watak, nama, karakter, umur, bahkan juga gender yang berbeda . Maka, bisa jadi salah satunya dari ke-23 personalitas itu menggantikan dan punyai kendalian penuh atas badan Kevin.

Split dapat kamu saksikan di Netflix atau situs streaming yang lain.

Oh ya, film ini sebagai salah satunya dari trilogi film yang dibikin oleh M. Night Shyamalan loh! Ada Unbreakable dan Glass yang harus kamu saksikan !

2. Identity (2003)

Sumber: sonypictures.comSerupa dengan Split, watak khusus dari film ini menanggung derita masalah psikis Dissociative Identity Disorder (DID) atau personalitas double. Narasi diawali dari rumah sakit jiwa yang melangsungkan pengadilan secara eksklusif untuk pembunuh psycho yang mempunyai DID namanya Malcolm Rivers. Kemudian, alur ceritanya beralih menjadi delusional yang ada dalam pemikiran Malcolm Rivers yakni berpindah ke sebuah motel di Las Vegas dan membunuh satu demi satu watak dalam film itu. Salah satunya film psikologi thriller terbaik ini cukup hebat dan membuat pemirsa menerka-nerka. Harus masuk to watch daftar mu!

3. Kim Ji-Young: Born 1982 (2018)

Source: mylife.comJudul ini tentu tidak asing ditelinga fans film Korea Selatan. Selainnya diperankan oleh artis ganteng Korea Selatan, Gong Yoo, film ini memberi insight yang hebat untuk penontonnya. Ceritanya bercerita mengenai Kim Ji-Young, wanita kelahiran 1982 yang rasakan kentalnya budaya patriarki di Korea Selatan.

Karena penekanan hidup yang dia alami, Kim Ji Young didiagnosa menanggung derita postpartum depression atau stres yang dirasakan wanita sesudah melahirkan. Film ini tampilkan dengan riil bagaimana rumor kesehatan psikis terjadi pada orang wanita dan treatment yang sudah dilakukan untuk mengembalikan kesehatan psikis.

4. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Source: Agoda.comBagi kamu yang menyenangi jenis romance, film ini dapat menjadi salah satunya judul yang hendak kamu gemari. Film ini bercerita mengenai Joel Barish pemuda introvert dan Clementine Krucyznski, seorang gadis ekstrovert. Awalannya cerita cinta mereka baik saja tetapi di satu titik Clem berasa jika Joel membuat jadi figur yang lain. Clem juga tiba ke sebuah perusahaan yang bisa menghapuskan memory.

Film yang bertopik psikologi ini menerangkan bagaimana 2 orang yang telah sama-sama hapus memory mengenai keduanya dapat usai di suatu perjumpaan baru dan jatuh hati kembali. Selainnya memberikan insight untuk pemirsa berkenaan memory, film ini memvisualisasikan bagaimana insting dan alam bawah sadar seorang manusia bekerja. Menarik ya!

5. Still Alice (2014)

Sumber: Zapmeta.wsFilm yang terkait dengan memory setelah itu Still Alice. Film ini bercerita mengenai seorang professor ilmu bahasa namanya Alice Howland yang didiagnosis menderita penyakit Alzheimer di umur 50 tahun. Penyakit ini membuat Alice alami tanda-tanda seperti kehilangan memory akan beberapa hal penting dalam kehidupannya, khususnya sebagai seorang professor dan pakar ilmu bahasa dunia.

Selainnya bercerita cerita penderita Alzheimer, ceritanya memvisualisasikan mengenai manifestasi diri dan ide diri yang positif lewat beberapa keputusan yang diambil oleh Alice.

6. Matchstick Men (2003)

Sumber: Rotten Tomatoes.Film yang terkait dengan psikologi seterusnya yang harus kamu saksikan ialah Matchstick Men. Ceritanya menceritakan 2 orang penipu, Roy dan Frank. Roy, figur khusus dalam film ini menderita masalah obsessive compulsive disorder (OCD) yang membuat teralu terlalu berlebih memerhatikan kebersihan dan kerapihan.

Ada masalah ini membuat Roy selalu mengulang pemikiran dan sikap yang serupa sampai berulang-kali, seperti tutup pintu berulang-kali, mematikan keran, dll. Kedatangan seseorang dirumahnya juga menambahkan Roy makin ketekan. Selekasnya saksikan di Netflix!

7. Inside Out (2015)

Sumber: Zapmeta.Bukan hanya ditujukan untuk orang dewasa, film animasi yang dapat dilihat oleh semua usia ini bawa pesan bagus untuk mengenali emosi pada diri manusia.

Inside Out menceritakan mengenai seorang gadis namanya Riley. Namun, ceritanya bukan hanya terpusat pada Riley, tetapi pada isi kepalanya yang direalisasikan pada watak berbentuk emosi. Emosi yang ada dilukiskan dalam figur lima watak, yakni Joy, Sadness, Anger, Disgust, dan Fear.

Dengan melihat film ini kita dapat belajar bagaimana emosi bekerja bisa mempengaruhi sikap kita setiap hari. Dibuat oleh Pixar yang pembikin Film Soul.

8. A Beautiful Mind (2001)

Sumber: Agoda.com.Film yang bau psikologi yang diambil dari cerita riil satu ini dapat menambahkan wacana kita mengenai masalah psikis Skizofrenia loh! Ceritanya menyorot kehidupan John Forbes Nash, Jr yang disebut seorang pakar matematika. Ceritanya memvisualisasikan rintangan yang ditemui John sejauh hidupnya karena menderita skizofrenia, terhitung paranoia dan delusi yang berpengaruh pada kehidupan dan kariernya sebagai periset. Selainnya dapat belajar mengenai skizofrenia, film ini memberi insight untuk kita untuk meniru watak intinya saat menjalankan hidup.

9. Three Identical Stranger (2018)

Source: Roger Ebert.Apa kamu pernah dengar mengenai uji coba Peter Neubauer? Uji coba ini mempelajari 3 saudara kembar yang dipisah keduanya dan tinggal di lingkungan yang lain. Rupanya tatap muka dari ke-3 saudara kembar ini jadi film loh! Walau banyak kontroversi berkenaan uji coba ini, kamu dapat belajar mengenai psikologi perubahan berkenaan anak kembar dan kaidah dalam riset psikologi yang perlu kamu taati saat bereksperimen.

10. Good Will Hunting (1997)

Source: Miramax.Bila kamu tertarik belajar berkenaan psikoterapi, film mengenai psikologi medis usang satu ini harus masuk kebucket daftar. Alur ceritanya bercerita seorang pemuda genius namanya Will Hunting yang bekerja sebagai janitor di MIT. Kejeniusan Will diketemukan oleh salah satunya Profesor disitu. Tetapi, karena sikap negatif Will menghalanginya untuk berkembang, Profesor itu menolong Will dengan meminta lakukan terapi dengan psikiater. Bagaimana akhirnya nasib Will? Langsung menonton saja ya!

Nach, itu ia hebat 10 referensi film psikologi yang dapat kamu menjadikan penyeling untuk belajar psikologi lebih membahagiakan. Dari judul-judul di atas kamu dapat belajar berkenaan masalah psikis, personalitas, sampai aspek psikis dalam manusia yang dapat membuat kamu lebih gampang pahami pengetahuan psikologi . Maka, kamu sudah menonton yang mana nih?

 

kunjungi juga website tentang pendidikan terpercaya

By dzail